STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN MELALUI PELATIHAN FOTO PRODUK PADA UMKM DI DESA SETILING KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1023Kata Kunci:
strategi pemasaran, foto produk, UMKMAbstrak
Kelompok UMKM di Desa Setiling berada di Kabupaten Lombok Tengah. Kelompok ini berfokus pada pengolahan dan pemasaran produk jamu tradisional, keripik labu siam, gula semut, dan keripik pakis. Selama ini UMKM di Desa Setiling masih melakukan kegiatan pemasaran dengan cara konvensional dengan sasaran pembeli masyarakat di desa tersebut. Akibatnya, kegiatan pemasaran ini belum optimal dan belum didukung dengan penggunaan teknologi mengenai pentingnya menghasilkan foto produk yang baik. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan strategi pemasaran pada UMKM di Desa Setiling Kabupaten Lombok Tengah melalui pelatihan foto produk. Kegiatan foto produk ini dilakukan dengan menggunakan smartphone peserta. Target utama dalam kegiatan ini adalah pelaku UMKM yang telah mendapatkan pelatihan dan pendampingan pada tahun 2022. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah partisipatif interaktif. Pengabdian dibagi menjadi tiga tahapan yaitu perencanaan dan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Peserta kegiatan pengabdian terdiri atas 14 orang pelaku UMKM dan tiga orang mahasiswa. Di awal kegiatan, peserta diberikan materi mengenai arti pentingnya foto produk dalam pemasaran. Peserta juga diberikan pemahaman mengenai teknik foto produk dan contoh-contoh foto produk sebagai referensi. Setelah kegiatan penyampaian materi, peserta kemudian mempraktikkan secara langsung ilmu yang diperoleh dengan menggunakan smartphonenya. Selama kegiatan praktik peserta dapat menggunakan property yang dibawa oleh tim pengabdian. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, peserta telah memiliki pemahaman mengenai teknik-teknik foto produk dan mampu menghasilkan foto produk menggunakan smartphone yang dimiliki. Dengan demikian, terjadi peningkatan pemahaman peserta mengenai strategi pemasaran. Hasil lainnya adalah peserta berhasil mengunggah foto produk ke akun e-commersenya.
Unduhan
Referensi
Afra, F. S., & Atmojo, M. E. (2022). Aktualisasi Pendampingan Foto Produk Sebagai Media Promosi Online UMKM ‘Jamu Gendong Kiringan’Di Masa Pandemi Covid-19. Parabela: Jurnal Ilmu Pemerintahan & Politik Lokal, 2(2), 98–107. Andriyanto, I. (2019). Penguatan daya saing usaha mikro kecil menengah melalui e-commerce. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 6(2), 87-100.
Arsi, A. A., Melati, L. S., Savitri, D. W., Jatmiko, P. D., Choiriyah, N. L., Damayanti, J. E., ... & Sephiawardani, N. A. (2023). Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Digital Marketing bagi UMKM di Desa Kutuk. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 24-32.
Desipriani, D., Suprianingsih, S., & Fahzurrahman, M. (2022). PELATIHAN BEAUTY SHOT PHOTOGRAPHY DENGAN KAMERA HANDPHONE PADA MURID TATARIAS PENGANTIN DI LKP LELLY MEDAN MARELAN. JOURNAL OF COMMUNITY DEDICATION, 2(3), 141-150.
Maulana, S. M. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 1-9.
Navastara, D. A., Suciati, N., Fatichah, C., Tjandrasa, H., Arifin, A. Z., Cahyaningtyas, Z. A., ... & Sari, F. I. E. (2022). Pemanfaatan E-commerce dan Media Sosial Guna Meningkatkan Ekonomi dan Proses Bisnis UMKM Koppontren NURILA Bangkalan. Sewagati, 6(4), 437-448.
Nurlaily, F., Asmoro, P. S., & Aini, E. K. (2021). Pelatihan teknik foto produk menggunakan smartphone untuk meningkatkan visual branding usaha rintisan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 347-356.
Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). Pelatihan fotografi dasar bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 2(2), 205-211.
Puspitasari, N. P. D., Nabillah, A. D. A., Bahari, R., Damar, N., & Caksono, M. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. Jurnal Muhammaddiyah Bengkulu, 2(2).
Saptiyono, A., Watie, E. D. S., & Febriana, K. A. (2021). Pelatihan Fotografi Produk Bagi UMKM Kelurahan Gebangsari. TEMATIK, 3(1), 6-10.
Sari, W. P., & Irena, L. (2021). Komunikasi Visual Melalui Foto Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk Umkm. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3), 633-642.
Servanda, I. R. S., Sari, P. R. K., & Ananda, N. A. (2019). Peran Ulasan Produk Dan Fot Produk Yang Ditampilkan Penjual Pada Marketplace Shopee Terhadap Minat Beli Pria Dan Wanita. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 69-79.
Sidhartani, S., Pratama, D., Raden, A. Z. M., & Qeis, M. I. (2020). Pelatihan foto produk UMKM Wayang Golek sebagai upaya promosi pasca pandemi Covid-19. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 180-189.
Suranto, S., Efita Sari, D., Narimo, S., Ulfatun, T., Hadi Mustofa, R., Suwandi, J., ... & Azhar Hendawan, H. (2022). Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Pada Industri Kecil Menengah Di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten. JABDIPAMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), 6(1), 123-36.
Wijaya, A. L., Ariawan, S. A. P. S., & Latifah, N. N. (2022). Peningkatan Kualitas Foto Produk dan Tampilan Pengemasan Produk Susu Kambing Etawa pada Setia Aji Farm Madiun sebagai Usaha untuk Mendukung Pemasaran Produk secara Online. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 165-171.