PELAYANAN PENGELOLAAN LABORATORIUM MENGGUNAKAN QR CODE BERBASIS GOOGLE FORM

Penulis

  • Hanna Nurul Husna Program Studi Refraksi Optisi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bakti Tunas Husada
  • Syifa Nursiswanti Program Studi Refraksi Optisi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bakti Tunas Husada
  • Iis Rahmawati Program Studi Refraksi Optisi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bakti Tunas Husada
  • Cucu Nurpatonah Program Studi Refraksi Optisi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bakti Tunas Husada
  • Ai Meri Yulianti Program Studi Refraksi Optisi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bakti Tunas Husada
  • Itmam Milataka Program Studi Refraksi Optisi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bakti Tunas Husada
  • Nurul Zakiatul Jannah Fitriani Program Studi Refraksi Optisi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Bakti Tunas Husada

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1022

Kata Kunci:

Laboratorium, google form, QR code

Abstrak

ABSTRAK

QR code merupakan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini. Pelayanan laboratorium di Prodi Refraksi Optisi sekarang ini masih dilakukan secara konvensional. Penerapan teknologi dalam managemen laboratorium diperlukan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuat dan mengimplementasikan QR code dalam pelayanan laboratorium. QR code digunakan dalam bentuk form peminjaman alat laboratorium; serta rekam aktivitas penggunaan alat dan ruang laboratorium. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode rancang bangun. Form pelayanan laboratorium dibuat menggunakan Google Form dan dibuat QR code-nya. Respon mahasiswa terhadap penerapan penggunaan QR code diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif. Sebanyak lima QR code yang terintegrasi dengan Google Form dan Google Spreadsheet telah dibuat. QR code tersebut meliputi form untuk peminjaman alat serta penggunaan ruang laboratorium. QR code dalam pelayanan laboratorium telah berhasil diterapkan. Beberapa kelebihan dari kegiatan digitalisasi laboratorium ini adalah unik, efisien, paper-less, dan mudah dalam pendataan. Meskipun demikian, beberapa kekurangan ditemukan seperti ketergantungan yang tinggi terhadap internet, tampilan formulir yang masih kompleks dan kurang sederhana. Penggunaan QR code dalam pelayanan laboratorium memunculkan pro dan kontra. Penggunaan QR code di lab dapat dievaluasi dan diintegrasikan dengan media lainnya sehingga lebih menarik. Dibutuhkan sosialisasi dan adaptasi terhadap penggunaan QR code dan dalam pelayanan laboratorium.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6). https://doi.org/10.30845/aijcr

Anggraeni, F. K. A., Prastowo, S. H. B., & Prihandono, T. (2022). Development of Integrated QR Code Module on Physics Learning Module to Increase Learning Interest and Knowing Students’ Digital Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(5), 2203–2209. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i5.1874

Husna, H. N., & Ardi, A. K. (2020). Snake and Ladder Game for Eye Health Promotion : A Development Research. The 2nd BTH Health Science International Conference. Tasikmalaya.

Kemp, S. (2021). DIGITAL 2021: INDONESIA. Retrieved July 3, 2021, from Data Reportal website: https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Law, C., & So, S. (2010). QR Codes in Education. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 3(1). https://doi.org/10.18785/jetde.0301.07

Mahmudah, I. R., & Maulidah, R. (2021). Physics Laboratory Management: A Novel Use of QR Code Tag on Physics Equipment Storage Cabinet. Unnes Science Education Journal, 10(1), 18–23. https://doi.org/10.15294/usej.v10i1.40982

Mamin, R., Saenab, S., & Muhiddin, N. H. (2017). Inventarisasi Alat dan Bahan Laboratorium IPA dengan Fitur Quick Response Code (QR CODE). Jurnal IPA Terpadu, 1(1). https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9660

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Standar Nasional Pendidikan.

Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan. (2010). Standar Laboratorium Refraksi Optisi.

Rochmawati, N., Anistyasari, Y., Suyatno, D. F., & Kurniawan, I. F. (2018). A Responsive Web-Based QR Code for Laboratory Clearance Form. Journal of Physics: Conference Series, 1108, 012048. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012048

Shukran, M. A. M., Ishak, M. S., & Abdullah, M. N. (2017). Enhancing Chemical Inventory Management in Laboratory through a Mobile-Based QR Code Tag. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 226, 012093. https://doi.org/10.1088/1757-899X/226/1/012093

Staehle, I. O., Chung, T. S., Stopin, A., Vadehra, G. S., Hsieh, S. I., Gibson, J. H., & Garcia-Garibay, M. A. (2016). An Approach To Enhance the Safety Culture of an Academic Chemistry Research Laboratory by Addressing Behavioral Factors. Journal of Chemical Education, 93(2), 217–222. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.5b00299

Traser, C. J., Hoffman, L. A., Seifert, M. F., & Wilson, A. B. (2015). Investigating the use of quick response codes in the gross anatomy laboratory. Anatomical Sciences Education, 8(5), 421–428. https://doi.org/10.1002/ase.1499

Uçak, E. (2019). Teaching Materials Developed Using QR Code Technology in Science Classes. International Journal of Progressive Education, 15(4), 215–228. https://doi.org/10.29329/ijpe.2019.203.16

Wangsa, W., & Prastyo, P. (2019). Implementasi Quick Response (QR) Code Pada Dokumen Instruksi Kerja Alat Laboratorium Kimia. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 1(2), 48–53. https://doi.org/10.14710/jplp.1.2.48-53

Yang, J., Xuan, S., Hu, Y., Liu, X., Bian, M., Chen, L., … Dou, Z. (2022). The framework of safety management on university laboratory. Journal of Loss Prevention in the Process Industries, 80, 104871. https://doi.org/10.1016/j.jlp.2022.104871

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-13

Cara Mengutip

Husna, H. N., Nursiswanti, S. ., Rahmawati, I. ., Nurpatonah, C. ., Yulianti, A. M. ., Milataka, I. ., & Fitriani, N. Z. J. . (2023). PELAYANAN PENGELOLAAN LABORATORIUM MENGGUNAKAN QR CODE BERBASIS GOOGLE FORM. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1803–1812. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1022

Terbitan

Bagian

section editor