PELATIHAN MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING UNTUK MEMASARKAN PRODUK UMKM PENGRAJIN TAS LOKAL CHESSY, DESA TEGALWARU KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1018Kata Kunci:
Digital Marketing, Marketplace, UMKM Tas LokalAbstrak
Situasi Pandemi covid-19 mempengaruhi keadaan perekonomian, banyak perusahaan yang “merumahkan†pekerjanya untuk menutupi kerugian. Situasi tersebut yang mendasari didirikan UMKM Tas Lokal Chessy di yang terletak di Kecamatan Tegal Waru Kabupaten Bogor. Berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik UMKM Pengrajin Tas Lokal Chessy bahwa terdapat permasalahan selama ini menggunakan pemasaran konvensional. Hal ini mengakibatkan pemasaran yang dilakukan kurang optimal sehingga produk yang terjual mengalami stagnasi bahkan keterhambatan. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan pada UMKM Tas Lokal Chessy menggunakan Digital Marketing. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan kualitatif. Kegiatan dibagi kedalam enam tahap, yaitu ; persiapan, pengumpulan data, pelaksanaan, evaluasi, penyusunan hasil, dan pelaporan hasil pelaksanaan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : wawancara, kuesioner, observasi dan studi pustaka. Adapun hasil survey pada kegiatan yaitu terdapat 66,67% responden yang tadinya sama sekali tidak mengerti tentang digital marketing setelah mengikuti pelatihan menjadi mengerti, 100% responden mengatakan bahwa pelatihan digital marketing yang dilaksanakan pada kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman. Terdapat beberapa jenis digital marketing yang sudah dijelaskan dan 100% responden paling nyaman menggunakan marketplace untuk memasarkan produknya karena dapat mempengaruhi penjualan. Pelaksanaan pengabdian masyarakat berjalan dengan lancar, peserta antusias mengikuti rangkaian kegiatan sampai dengan selesai. Peserta berharap dapat diadakan pelatihan lagi dengan topik yang berbeda untuk karyawan UMKM Tas Lokal Chessy. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu pelatihan yang dilaksanakan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan UMKM Tas Lokal Chessy untuk menggunakan Digital Marketing.
Unduhan
Referensi
Aryaningsih, L. L., Tyas, S. S., & Cahyadi, R. (2021). Perancangan Media Penjualan Produk Pada Tina Tailor Berbasis Mobile Web. Jurnal Multi Media Dan IT, 5(2), 1–6.
Fahri., Jalil, A., & Kasnelly, S. (2019). Meningkatnya Angka Pengangguran Di Tengah Pandemi Covid-19. Al Mizan : Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2),45-60.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.
Harahap, H. S., Dewi, N. T., Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 70-85.
Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review And Research Agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22-45.
Kurniawan, E., Nofriadi., & Maharani, D. (2021). Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat , 1(1), 31-36.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action, 2(2), 1-12.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.
Rahayu, D. M. (2021). The Influence of Social Media Marketing Efforts and Brand Equity on Customer Response. Jurnal Mediasi, 2(3), 163-180.
Ridwan, I. M., Fauzi. A. (2019). Penerapan Digital marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE†Bandung. Jurnal AbdimaS BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 137-142.
Supratman, L. P., & Rachmansyah, M. (2020). Peran Media Instagram dalam Memasarkan Produk Fashion Dollies. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 73-90.
Wardana, A. (2018). Strategi Digital marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th 2015. ISBN : 978-602-17225-4-1.
Wardini, A. S., & Rahayu, D. M. (2023). Pembuatan Mobile Web Dinamis Sebagai Media Pemasaran Produk Jasa Kecantikan “Beaute By Mellenia.†Jurnal Multi Media Dan IT, 6(2), 1–11.