PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PENGAJARAN KEWIRAUSAHAAN GURU TK HINGGA SMA MELALUI PELATIHAN PROTOTIPE PRODUK

Penulis

  • Muhammad Setiawan Kusmulyono Universitas Prasetiya Mulya

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1017

Kata Kunci:

kewirausahaan, kreativitas, kurikulum merdeka, proses pembelajaran, prototipe

Abstrak

Implementasi Kurikulum Merdeka melalui penguatan projek profil Pancasila pada tingkat pendidikan dasar dan menengah merupakan sebuah terobosan berharga untuk menguatkan kompetensi siswa didik bangsa. Implementasi ini perlu didukung dengan penguatan keterampilan guru dan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran. Kewirausahaan ternyata memberi dampak positif dalam mengakomodasi Kurikulum Merdeka melalui kreativitas dan inovasi yang saling menghubungkan. Meningkatkan pemahaman guru mengenai teknik fasilitasi kegiatan kewirausahaan bagi siswa dengan menggunakan metode pembuatan produk. Metode pengabdian menggunakan pelatihan prototipe produk. Program pengabdian masyarakat di Yayasan ABC (pseudonym) dengan penguatan keterampilan kewirausahaan guru melalui pelatihan prototipe produk memberikan bukti bahwa inisiatif kewirausahaan mampu menstimulasi kreativitas guru untuk membuat suatu produk kreatif. Melalui program ini diharapkan guru-guru dapat memiliki inspirasi untuk mendesain model pembelajaran berorientasi kewirausahaan yang lebih kreatif sehingga dapat mendorong realisasi Kurikulum Merdeka secara lebih komprehensif. Para guru memiliki modal pengetahuan yang baik dalam mengimplementasi kegiatan pengabdian yang diharapkan dapat ditularkan dalam metode pembelajaran mereka di pendidikan dasar dan menengah bagi para peserta didiknya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

BSKAP. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (1st ed.). Kemdikbud. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf

Caesaria, S. D. (2022). Mengenal Profil Pelajar Pancasila, “Roh†Kurikulum Merdeka Belajar. Kompas.Com.

Haryati, S. P. (2015). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan Dengan Menerapkan Strategi Optimalisasi Kepemimpinan Guru Melalui Learning Manager Pada Siswa Kelas X Tata Busana 2 di SMK Negeri 3 Pati. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 80–127.

Kusmulyono, M. S., & Karimah, R. (2022). Studi Tantangan dan Harapan Guru Geografi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring di SMA. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial, Dan Agama, 8(2), 475–486. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i2.565

Kusmulyono, M. S., Leilani, A., Priyantini, D., & Prakoso, G. H. (2021). Kewirausahaan; Merintis Sebuah Bisnis Kreatif. Politeknik AUP Press.

Mahardhika, G., Sriyanto, S., & Budiawan, W. (2016). Perancangan E-commerce Pada Sentra UKM Kauman Surakarta Menggunakan Metode User Centered Design. Industrial Engineering Online Journal, 5(2), 1–14.

Martono. (2014). Pelatihan Pembelajaran Keterampilan Pada Guru- Guru SMP Keterampilan Se-Kota Yogyakarta. Inotek, 14(2), 152–166.

Mela, I., & Joko, W. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31509

Nurpratiwi, S., Amaliyah, A., Hakam, A., & Romli, N. A. (2022). Developing Teacher Professionalism in Online Learning Through Assistance of Web-Based Digital Teaching Materials. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 21(2), 221–232. https://doi.org/10.21580/dms.2021.212.9367

Pratiwi, N., Lestari, N. D., Rachmawati, D. W., Gunawan, H., Januardi, J., Kurniawan, C., Masnunah, M., & Yusmiono, B. A. (2021). Workshop Media Pembelajaran Kewirausahaan Bagi Guru SMA dan SMK di Kota Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 1(2), 57–67. https://doi.org/10.31004/abdira.v1i2.35

Sari, W. K., Nada, E. I., & AH, B. (2022). Pelatihan Pengembangan Instrumen HOTS bagi Guru Kimia SMA dan MA di Kota Semarang sebagai Upaya Mewujudkan Paradigma Pendidikan Abad 21 Wiwik Kartika Sari , Ella Izzatin Nada , Busiri AH Pendahuluan Pelaksanaan pembelajaran meliputi perencanaan , pelaksan. DIMAS : Jurnal Pemikiran Agama Dan Pemberdayaan, 22(1), 149–164. https://doi.org/10.21580/dms.2022.221.

Sarimuna, L. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Metode Kooperatif Learning Tipe STAD Pada Pembelajaran Kewirausahaan Kelas XI Sekolah Binaan Melalui Workshop Di MGMP (Penelitian Tindakan Sekolah). Forum Ilmu Sosial, 46(2), 165–179.

Saunders, M., Lewis, P., & Thornhill, A. (2016). Research Methods for Business Students (7th ed.). Pearson Education Limited.

Setiawan, A. B., & Karsinah, K. (2016). Recharging Metode Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Multimedia untuk Guru SD di Desa Tieng Wonosobo. Abdimas, 20(2), 67–76.

Solomon, Y. (2020). Comparison between problem-based learning and lecture-based learning: Effect on nursing students’ immediate knowledge retention. Advances in Medical Education and Practice, 11(7), 947–952. https://doi.org/10.2147/AMEP.S269207

Sutedi, S. (2016). Perancangan Prototype Media Pembelajaran Analisis Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Pada Pusat Pelatihan Information Access Center IBI Darmajaya. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam, 2(1), 16–25. https://ojs.stitmultazam.ac.id/index.php/JPGMI/article/view/15

Warsiyah, W., Madrah, M. Y., Muflihin, A., & Irfan, A. (2022). Urgensi Literasi Digital bagi Pendidik dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelola Pembelajaran. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 22(1), 115–132. https://doi.org/10.21580/dms.2022.221.10042

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Kusmulyono, M. S. . (2023). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PENGAJARAN KEWIRAUSAHAAN GURU TK HINGGA SMA MELALUI PELATIHAN PROTOTIPE PRODUK . Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1328–1335. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1017

Terbitan

Bagian

section editor