PENGENALAN PRAKTIKUM SAINS DARI BAHAN YANG ADA DI SEKITAR SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU SMP NURUL FADHILAH
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1015Kata Kunci:
Pengembangan pembelajaran, pelatihan praktikum, pembelajaran daringAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus untuk menangani masalah mitra yakni guru-guru SMP di YP Nurul Fadhilah. Masalah yang dihadapi yakni kurangnya pengaplikasian praktikum berbasis bahan di sekitar dan kurangnya pengetahuan maupun keterampilan guru mengenai pembuatan inovasi praktikum menjadi sumber pembelajaran daring. Seorang guru dituntut untuk mampu beradaptasi menghadapi perkembangan sains dan teknologi di masa revolusi industri 4.0, karenanya dibutuhkan tambahan kegiatan untuk mewujudkan hal ini. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan guru serta keterampilan dalam pengaplikasian praktikum berbasis bahan di sekitar menjadi sumber pembelajaran daring. Metode yang digunakan terdiri dari 4 tahapan yakni: Sosialisasi pengenalan praktikum dari bahan di sekitar, pelatihan pembuatan praktikum menjadi sumber belajar daring dan pendampingan terhadap pelaksanaan pembuatan sumber belajar daring serta evaluasi hasil. Alat dan bahan dilengkapi oleh pelaksana, sedangkan mitra mempersiapkan laptop untuk pelatihan aplikasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah guru-guru mengalami peningkatan baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan. Secara kuantitatif, kemampuan guru terkait pengetahuan praktikum dari bahan di sekitar menjadi bahan pembelajaran daring meningkat untuk guru sains diperoleh nilai rata-rata 83,3 dan guru Non sains dengan nilai rata-rata 66,43. Selain peningkatan pengetahuan dan keterampilan, mitra juga menghasilkan produk yakni sumber pembelajaran daring dalam bentuk video. Secara umum mitra telah menghasilkan produk dalam kondisi baik. Kegiatan PKM ini meningkatkan pengetahuan mitra dalam penggunaan bahan di sekitar. Kegiatan ini juga menambah keterampilan guru dalam membuat sumber pembelajaran daring.
Unduhan
Referensi
Astiti, K. A. (2019). Workshop Perancangan dan Pelaksanaan Kegiatan Praktikum bagi Guru IPA di Kecamatan Nekamese. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v4i1.340
Azis, A. A., Pratiwi, A. C., &Yusuf, Y. (2019). Optimasi management lab bagi guru IPA di Kab Enrekang. Prosiding Seminar Nasional LPPM Universitas Negeri Makassar, 8.
Candra, R. & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26-37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Ekayanti, N. W., Puspawati, D. A., & Sardi, N. W. A. (2018). Kebun Sekolah Sebagai Laboratorium Alami Untuk Pembelajaran IPA: Mengenalkan Nama Ilmiah Tanaman Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Suluh Pendidikan, 16 (1), 51-55. https://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/suluh-pendidikan/article/view/12/10
Irmi, I., Hasan, M., & Gani, A. (2019). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Quick Response Code Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 3(2), 75–87. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i2.14728
Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138–151. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258
Meishanti, O. P. Y. (2020). Analisis Keterlaksanaan Praktikum Biologi Terhadap Hasil Belajar Psikomotor Peserta Didik Kelas Xi Ipa Di Ma Al Ihsan Tembelang Jombang. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(1), 24–31. https://doi.org/10.32764/eduscope.v6i1.874
Pajar, S., Silaban, R., & Muchtar, Z. (2017). Teacher And Student Perceptions Toward Practical Implementation Obstacles At Learning Chemistry: Descriptive Studies In Senior High School Kampar District Academic Year 2016/2017 The 2nd Annual International Seminar On Transformative Education And Educational Leadership (Aisteel), Medan.
Panda, M. F., & Koirewoa, D. C. (2017). Peningkatan Kemampuan Melakukan Praktikum IPA pada Guru SD melalui Percobaan Sederhanaâ€. Jurnal Pengabdian Papua, 1(2), 59-62. https://doi.org/10.31957/.v1i2.389
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Jurnal Bio Education, 2(2), 49-57.
Utaminingsih, R. (2015). Pemanfaatan lingkungan sebagai laboratorium Alam Pada Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2(1), 215-220.
Yantoro, Y., Hariandi, A., Mawahdah, Z., & Muspawi, M. (2021). Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19â€. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 7(1), 8-15. https://jurnal.iicet.org/index.php/jppi/article/view/759/619s
Yusuf, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Praktikum. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(2), 91–100. https://doi.org/10.37905/aksara.4.2.91-100.2018.
Zakiah, Z., Silalahi, A., & Muchtar, Z. (2015). Pengembangan Penuntun Praktikum Tipe Discovery dan Tipe Project Based Learning pada Pembelajaran Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 83–94. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkim.v7i1.5504