ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP SENYAWA KAFEIN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Authors

  • Szalszabilla Rahayu Fakultas Farmasi Jakarta Global University
  • Alya Zuhri Fakultas Farmasi Jakarta Global University
  • Erni Rahmawati Fakultas Farmasi Jakarta Global University
  • Eddy Yusuf Fakultas Farmasi Jakarta Global University
  • Rayhan Akbar Jakarta Global University

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2696

Keywords:

Kafein, Edukasi, Mahasiswa, Pengabdian Masyarakat, Kesadaran Konsumsi

Abstract

Konsumsi kafein di kalangan mahasiswa meningkat sebagai cara untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengatasi kelelahan. Pemahaman yang rendah tentang dampak kafein menyebabkan konsumsi yang berlebihan, yang berisiko terhadap kesehatan fisik dan mental. Penelitian ini penting untuk memberikan informasi yang jelas mengenai dampak jangka panjang konsumsi kafein, sehingga mahasiswa dapat membuat keputusan yang lebih bijak terkait pola konsumsi mereka. Tujuan kegiatan ini meningkatkan literasi kimia dan kesehatan mahasiswa terkait senyawa kafein. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai efek samping yang dapat ditimbulkan oleh konsumsi kafein yang berlebihan. Sebanyak 20 mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika Universitas Global Jakarta menjadi peserta. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi interaktif, penyebaran poster edukatif, serta pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman peserta. Hasil pre-test menunjukkan rendahnya pengetahuan mahasiswa tentang senyawa kafein dan efek samping yang dapat ditimbulkan akibat konsumsi berlebihan. Penyampaian materi dilakukan melalui materi interaktif, termasuk penggunaan poster edukatif dan slide PPT yang memaparkan karakteristik kafein serta efek fisiologisnya. Setelah materi disampaikan, dilakukan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman. Hasil post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan mahasiswa, dengan seluruh peserta (100%) menunjukkan pemahaman yang lebih baik mengenai karakteristik kafein, efek samping, dan batas konsumsi yang aman. Kesimpulannya, pendekatan edukatif berbasis visual dan interaktif terbukti efektif dalam menumbuhkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya konsumsi kafein yang bertanggung jawab, bahkan bagi mereka dari latar belakang non-Kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burke, L. M. (2008). Caffeine and sports performance. Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, 33(6), 1319–1334. https://doi.org/10.1139/H08-130

Caldwell, J. A., McGraw, S. M., Thompson, L. A., & Lieberman, H. R. (2018). A survey instrument to assess intake of dietary supplements, related products, and caffeine in high-use populations. In Journal of Nutrition (Vol. 148, Issue 8, pp. 1445S-1451S). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/jn/nxy124

Fitri, H., Demitri, A., Lubis, I. A. P., & Panjaitan, W. S. (2025). Transformasi Sosial Melalui Edukasi Gizi: Penguatan Peran Komunitas dalam Mengatur Konsumsi Garam dan Kafein pada Ibu Hamil di Posyandu Tenggiri, Kabupaten Batubara. Sevaka: Hasil Kegiatan Layanan Masyarakat, 3(2), 120–129.

Ginting, G. A., Prayoga, A., & Masyhitah, C. (2022). Edukasi Tentang Bahaya Konsumsi Kopi Yang Mengandung Kafein pada Kesehatan Ginjal Di Rumah Sakit wilayah Deli Serdang. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 561–566.

Grgic, J., Trexler, E. T., Lazinica, B., & Pedisic, Z. (2018). Effects of caffeine intake on muscle strength and power: a systematic review and meta-analysis. Journal of the International Society of Sports Nutrition, 15(1), 11. https://doi.org/10.1186/s12970-018-0216-0

Hinkle, S. N., Gleason, J. L., Yisahak, S. F., Zhao, S. K., Mumford, S. L., Sundaram, R., Grewal, J., Grantz, K. L., & Zhang, C. (2021). Assessment of caffeine consumption and maternal cardiometabolic pregnancy complications. JAMA Network Open, 4(11), 21-33. https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2021.33401

Jagim, A. R., Harty, P. S., Fischer, K. M., Kerksick, C. M., & Erickson, J. L. (2020). Adverse events reported to the United States Food and Drug Administration related to caffeine-containing products. Mayo Clinic Proceedings, 95(8), 1594–1603.

Juliano, L. M., Huntley, E. D., Harrell, P. T., & Westerman, A. T. (2012). Development of the caffeine withdrawal symptom questionnaire: caffeine withdrawal symptoms cluster into 7 factors. Drug and Alcohol Dependence, 124(3), 229–234.

Kim, J.-K., Choi, M. S., Yoo, H. H., & Kim, D.-H. (2022). The intake of coffee increases the absorption of aspirin in mice by modifying gut microbiome. Pharmaceutics, 14(4), 746. https://doi.org/10.3390/pharmaceutics14040746

Lin, Z., Jiang, D., Liu, P., Ge, Y., Moghekar, A., & Lu, H. (2022). Blood–brain barrier permeability in response to caffeine challenge. Magnetic Resonance in Medicine, 88(5), 2259–2266.

Liu, C., Wang, L., Zhang, C., Hu, Z., Tang, J., Xue, J., & Lu, W. (2024). Caffeine intake and anxiety: a meta-analysis. Frontiers in Psychology, 15, 1270246. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1270246

Nehlig, A. (2018). Interindividual differences in caffeine metabolism and factors driving caffeine consumption. Pharmacological Reviews, 70(2), 384–411.

O’callaghan, F., Muurlink, O., & Reid, N. (2018). Effects of caffeine on sleep quality and daytime functioning. Risk Management and Healthcare Policy, 263–271.

Parry, D., Iqbal, S., Harrap, I., Oeppen, R. S., & Brennan, P. A. (2023). Caffeine: benefits and drawbacks for technical performance. In British Journal of Oral and Maxillofacial Surgery (Vol. 61, Issue 3, pp. 198–201). Churchill Livingstone. https://doi.org/10.1016/j.bjoms.2023.01.007

Reddy, V. S., Shiva, S., Manikantan, S., & Ramakrishna, S. (2024). Pharmacology of caffeine and its effects on the human body. European Journal of Medicinal Chemistry Reports, 10, 100138. https://doi.org/10.1016/j.ejmcr.2024.100138

Song, X., Singh, M., Lee, K. E., Vinayagam, R., & Kang, S. G. (2024). Caffeine: a multifunctional efficacious molecule with diverse health implications and emerging delivery systems. International Journal of Molecular Sciences, 25(22), 12003. https://doi.org/10.3390/ijms252212003

Sunardi, D., Chandra, D. N., Medise, B. E., Manikam, N. R. M., Friska, D., Lestari, W., & Insani, P. N. C. (2022). Water and Beverages Intake Among Workers Amid the COVID-19 Pandemic in Indonesia. Frontiers in Nutrition, 9. https://doi.org/10.3389/fnut.2022.832641

Temple, J. L., Bernard, C., Lipshultz, S. E., Czachor, J. D., Westphal, J. A., & Mestre, M. A. (2017a). The safety of ingested caffeine: a comprehensive review. Frontiers in Psychiatry, 8, 80.

Temple, J. L., Bernard, C., Lipshultz, S. E., Czachor, J. D., Westphal, J. A., & Mestre, M. A. (2017b). The safety of ingested caffeine: a comprehensive review. Frontiers in Psychiatry, 8, 80.

Thon, J. N., Weigand, M. A., Kranke, P., & Siegler, B. H. (2024). Efficacy of therapies for post dural puncture headache. Current Opinion in Anesthesiology, 37(3), 219–226.

Yang, A., Palmer, A. A., & De Wit, H. (2010). Genetics of caffeine consumption and responses to caffeine. Psychopharmacology, 211(3), 245–257.

Zubair, M. U., Hassan, M. M. A., & Al-Meshal, I. A. (1986). Caffeine. In Analytical profiles of drug substances (Vol. 15, pp. 71–150). Elsevier.

Published

2025-07-31

How to Cite

Rahayu, S., Zuhri, A., Rahmawati, E., Yusuf, E., & Akbar, R. (2025). ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP SENYAWA KAFEIN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Jurnal Abdi Insani, 12(7), 3480–3489. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2696

Issue

Section

section editor