PELATIHAN PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI: APLIKASI WONDERSHARE QUIZ CREATOR DAN GEOGEBRA BAGI GURU DAN SISWA DI SMPN 1 KEFAMENANU
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2573Keywords:
Wondershare Quiz Creator, GeogebraAbstract
Pembelajaran di SMPN 1 Kefamenanu telah berjalan sebagaimana mestinya, namun guru belum menggunakan media pembelajaran khususnya memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Selain proses pembelajaran di kelas, guru juga belum menggunakan media teknologi dalam proses assesmen. Aplikasi Wondershare Quiz Creator (WQC) adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat soal multimedia interaktif, melalui WQC guru dapat menyusun berbagai bentuk soal dan memiliki level yang berbeda. Selain itu aplikasi Geogebra sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika di kelas untuk mengonstruksi, mendemonstrasikan, maupun memvisualisasikan. Tujuan pengabdian untuk memberikan pelatihan bagi guru dan siswa untuk mengetahui pembelajaran berbasis teknologi pada aplikasi Wondershare Quiz Creator dan Geogebra. Metode kegiatan terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap tindak lanjut. SMPN 1 Kefamenanu dipilih untuk pelaksanaan pengabdian ini karena sudah dilengkapi dengan lab komputer sehingga guru dan siswa mendapatkan wawasan baru dalam membuat dan juga menggunakan aplikasi pembelajaran baik untuk membuat soal maupun untuk menyelesaikan soal. Berdasarkan hasil angket respon guru terhadap aplikasi WQC, aplikasi tersebut menambah wawasan bagi guru dalam pembuatan soal dalam tipe soal dan level soal yang berbeda, dapat menarik minat siswa dalam mengerjakan soal – soal, tampilan soal yang menarik serta tidak membutuhkan waktu yang lama dalam menyusun soal dan mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Sedangkan pada aplikasi Geogebra pada hasil pre test dan post test diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa.
Downloads
References
Dafitri, H. (2017). Pemanfaatan Wondershare Quiz Creator Dalam Tes Berbasis Komputer. QUERY : Jurnal Sistem Informasi, 01(01), 8–18.
Fendiyanto, P., Safrudiannur, S., & Kurniawan, K. (2023). Pelatihan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Matematika SMP Kota Samarinda. Madaniya, 4(4), 1773–1780. https://madaniya.biz.id/journals/contents/article/view/630%0Ahttps://madaniya.biz.id/journals/contents/article/download/630/438
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. file:///C:/Users/win10/Downloads/8503-Article Text-27609-1-10-20200629 (1).pdf
Hernawati, K. (2009). Membuat Quiz / Evaluasi dengan WonderShare Quiz Creator 1 Oleh PPM Jurdik Matematika FMIPA UNY. 1(November), 1–15.
Juandi, D., Kusumah, Y. S., Tamur, M., Perbowo, K. S., & Wijaya, T. T. (2021). A Meta-analysis of Geogebra Software Decade of Assisted Mathematics Learning: What to Learn and Where to Go? Heliyon, 7(5), e06953. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06953
Maryanih, M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Memahami Konsep Kubus Balok. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 751. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p751-758
Mazaly, & Saragih. (2022). Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Media Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Budi Agung Medan. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 3(1), 31–40. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v3i1.473
Purnanto, A. W., & Mahardika, A. (2017). Pelatihan Pembuatan Soal Interaktif Dengan Program Wondershare Quiz Creator Bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Magelang. Warta LPM, 19(2), 141–148. https://doi.org/10.23917/warta.v19i2.2748
Rahadyan, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 11. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2356
Tutiharyati. (2022). Meta-Sintesis : Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Hots. Jurnal Dimensi Matematika, 5(02), 444–458.