PENDAMPINGAN STRATEGI BRANDING DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS BALAI ADAT RAJO PENGHULU (BDARU)
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2462Keywords:
social media, brand awareness, digital marketing, Bengkulu Malay cultureAbstract
Balai Adat Rajo Penghulu (BDARU) di Kota Bengkulu menghadapi tantangan dalam mempertahankan relevansi budaya Melayu di tengah perkembangan zaman. Untuk mengatasi permasalahan ini, dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada peningkatan brand awareness dan literasi budaya Melayu Bengkulu melalui media sosial Instagram @bdaru.official. Kegiatan ini diawali dengan analisis kebutuhan pelatihan melalui wawancara dan pre-test guna mengidentifikasi tingkat pengetahuan serta keterampilan tim media BDARU dalam pengelolaan konten digital. Pelatihan diberikan secara bertahap dengan materi utama meliputi optimalisasi Instagram bisnis, penggunaan Canva untuk desain grafis, CapCut untuk pengeditan video, serta PlanThat.com untuk penjadwalan konten. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta, terutama dalam aspek pengelolaan media sosial dan produksi konten kreatif. Pemahaman konsep media sosial dan akun bisnis meningkat hingga 370%, penggunaan Canva meningkat hingga 47,06%, penggunaan CapCut meningkat hingga 21,95%, dan pemahaman tentang PlanThat.com meningkat hingga 370%. Kegiatan ini membuktikan bahwa strategi pemasaran digital berbasis media sosial dapat menjadi solusi efektif dalam memperkuat identitas budaya dan meningkatkan daya tarik wisata berbasis budaya. Keberhasilan program ini diharapkan dapat menjadi model bagi lembaga budaya lainnya dalam mengadopsi teknologi digital untuk pelestarian dan promosi budaya lokal.
Downloads
References
Aji, P., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of Social Media Marketing on Instagram Towards Purchase Intention: Evidence from Indonesia’s Ready-To-Drink Tea Industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91–104.
Antasari, C., & Pratiwi, R. D. (2022). Pemanfaatan Fitur Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Kedai Babakkeroyokan Di Kota Palu. KINESIK, 9(2), 176–182.
Aulia, D., Putri, S. W., Rochmah, W. Y., Nugroho, D. N., Buana, M. F., & Amin, M. Z. (2023). Pelatihan Program Re-Branding, Brand Awareness dan Digitalisasi Marketing pada UMKM PKK Kelurahan Sedati Gede. Abdi Masyarakat, 5(1).
Burhan, B. N., Asyrof, M. N., Cahyaningrum, S. A., & Marliana, Y. D. (2022). Penguatan Literasi Digital Dalam Mempelajari Agama Islam Bagi Generasi Muda. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 244–251.
Dwihantoro, P., Susanti, D., Sukmasetya, P., & Faizah, R. (2023). Digitalisasi Kesenian Njanen: Strategi Pelestarian Kebudayaan Melalui Platform Sosial Media. Madaniya, 4(1), 156–164.
Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409–418.
Nawaf, A., Azura, S., Gultom, S. F., Afriansyah, W., & Putra, A. D. (2023). Analisis Literasi Digital Dalam Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Remaja Desa Payung Kec. Payung Kab. Karo. Journal of Human And Education (JAHE), 3(2), 337–343.
Nugraha, N. A. S., Putra, I. B. U., & Amerta, I. M. S. (2023). The Role of Brand Awareness in the Influence of Instagram Advertising and Viral Marketing on Culinary Purchase Decisions. Int. J. Soc. Sci. Educ. Res. Stud, 3(02), 280–286.
Rachmawaty, A. (2021). Strategi Marketing Menggunakan Instagram. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 39–51.
Refisrul, R., & Yulisman, Y. (2014). Peran lembaga adat dalam pelestarian budaya di Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu. Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat.
Renaningtias, N., & Sari, J. P. (2024). Pengenalan Kebudayaan Bengkulu melalui Rancang Bangun SIPEDALU. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 7(1).
Seserahan, K. P. J. S. R., & Saprilia, D. W. I. T. (n.d.). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap.
Wainira, M. A. D., Liliweri, Y. K. N., & Mandaru, S. S. E. (2021). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(2), 138–148.
Wanda, E. M. (2023). Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Pergaulan Sosial Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal Sosial Teknologi, 3(12), 1035–1042.
Wilandari, A., Helmy, M. S., & Windasari, V. (2021). Edukasi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Personal Branding Di Kalangan Milenial Pada Panti Asuhan Ar-Ridho Depok. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 58–65.
Yanuar, D., Azman, Z., Nurrahmi, F., & Kamara, F. (2021). The Use of Viral Marketing Through Instagram to Increase Brand Awareness. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1), 145–168.