PENGEMBANGAN PEMASARAN USAHA DANGAU STUDIO MELALUI PENGAPLIKASIAN KETERAMPILAN MENULIS ORMAWA PADA WEBSITE
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i4.2437Keywords:
Dangau Studio, keterampilan menulis, ormawa, pemasaran, Sumatera BaratAbstract
Organisasi mahasiswa (ormawa) berperan dalam pengembangan soft skill, termasuk keterampilan menulis. LPK berkolaborasi dengan Dangau Studio untuk mendukung pemasaran seni melalui konten digital. Penulisan profil seniman, dokumentasi karya, dan narasi kreatif diterapkan untuk memperkuat branding serta memperluas jangkauan audiens. Integrasi keterampilan menulis dan teknologi diharapkan mendorong apresiasi seni, melestarikan budaya, serta membuka peluang pasar lebih luas bagi seniman. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemasaran produk mitra, yaitu Dangau Studio melalui website yang dilakukan oleh organisasi mahasiswa Labor Kepenulisan Kratif (LPK) yang dibina dan dibimbing oleh para dosen. Tidak hanya sebagai pemasaran produk mitra, pengabdian ini pun berusaha memperkenalkan seniman-seniman yang ada di Sumatera Barat melalui penggunaan website tersebut. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah menemukan permasalahan, mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan, serta bagaimana pelaksanaan teknis di lapangan terkait pemecahan masalah. Lalu, sosialisasi dan pelatihan kepada organisasi mahasiswa untuk memberikan materi penulisan yang baik dan benar dalam pemasaran, penerapan teknologi, dan pendampingan serta evaluasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa adanya dampak yang berarti bagi Dangau Studio untuk memperkenalkan produk dan seniman Sumatera Barat untuk mendapatkan konsumen dan dikenal oleh masyarakat luas, tidak hanya di Sumatera Barat. Program ini meningkatkan keterampilan menulis konten pemasaran Dangau Studio melalui pelatihan, pendampingan, dan storytelling berbasis SEO. Inisiatif ini berhasil memperkuat branding seniman, memperluas jangkauan audiens, dan mengoptimalkan strategi pemasaran digital. Kolaborasi ini membuktikan bahwa penerapan keterampilan menulis secara strategis dapat meningkatkan visibilitas dan daya jual seniman lokal secara signifikan.
Downloads
References
Gunani, S., Penyusun, P., Saillah, I., Wahyudin, U., Yanefri Bakhtiar, P., Ujang, M., Soecipto, S., Wulida, I., Sukino, R., & Wardhanie, D. (2023). Panduan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan 2023.
dikti.kemdikbud.go.id
Haq, D. N. (2023, Juli 16). Labor Penulisan Kreatif FIB Unand mengadakan workshop kepenulisan ilmiah untuk melawan plagiasi. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. https://fib.unand.ac.id/index.php/joomlart-content/category-blog/115-labor-penulisan-kreatif-fib-unand-mengadakan-workshop-kepenulisan-ilmiah-untuk-melawan-plagiasi
Hutagaol, B. (2024). Pemasaran seni di era digital: Strategi media sosial dan platform kreatif. Sindoro Cendikia Pendidikan, 10(5). https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/9062/8029
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa Tahun 2021.
PHP2D
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2024, Juli 16). Menilik potensi pasar seni rupa di Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. https://www.kemenparekraf.go.id/berita/menilik-potensi-pasar-seni-rupa-di-indonesia
Lishobrin, L. F., Ramdhani, A. Y., & Negoro, A. T. (2024). Empowering Mooi Indie Effect sebagai strategi peningkatan skala bisnis pada industri batik Sokaraja melalui digital marketing dan optimalisasi produksi. Community Development Journal, 5(6). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/39048/24853
Presiden Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39267/uu-no-12-tahun-2012
Prodi Teknik Mesin, Politeknik Negeri Balikpapan, & Prodi D3 Boga, Politeknik Negeri Balikpapan. (2020). Peran Ormawa dalam membentuk nilai-nilai karakter di dunia industri (Studi organisasi kemahasiswaan di Politeknik Negeri Balikpapan). Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(1).
Pusat Penelitian Kebijakan dan Kebudayaan. (2017). Pengembangan kreativitas dan apresiasi karya budaya: Evaluasi Program Belajar Bersama Maestro. https://litbang.kemdikbud.go.id
Putu, I., Myartawan, N. W., Agung, A., Barustyawati, S., Pasek, N., & Saputra, H. (2023). Optimalisasi sentra seni lukis (Industri kerajinan wayang Kamasan di Kecamatan Klungkung Kabupaten Klungkung). Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 8, 2986–4615.
Saniro, R. K. K. (2024, Juli 16). Tim PKM TKM Ormawa Labor Kepenulisan Kreatif (LPK) Universitas Andalas melaksanakan pengabdian kepada masyarakat ke Dangau Studio untuk optimalisasi produksi dan pemasaran produk. Jurnal Post. https://jurnalpost.com/tim-pkm-tkm-ormawa-labor-kepenulisan-kreatif-lpk-universitas-andalas-melaksanakan-pengabdian-kepada-masyarakat-ke-dangau-studio-untuk-optimalisasi-produksi-dan-pemasaran-produk/75603/
Saniro, R. K. K., Triani, L. A., Rahmadoni, J., & Hafiz, A. (2024). Modul Digital Marketing. CV Madza Media. https://penerbitmadza.com/product/modul-digital-marketing/
Setianingtyas, A. F., Ulya, S. H., Sakti, A. P. J., Fauzan, R., & Santhyami, S. (2024). Pemberdayaan industri gamelan di Desa Wirun melalui optimalisasi pemasaran berbasis website. Prosiding Webinar Pengabdian Masyarakat. https://proceedings.ums.ac.id/abdimas/article/view/5180
Susanto, M. (2004). Menimbang Ruang Menata Rupa. Galang Pers.
Sutiarso, M. A., Kuntariarti, U., & Pramana, I. G. D. A. (2024). Tampilan optimalisasi pengembangan potensi budaya untuk menunjang Keliki Cultural Park. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 4(3). https://jurnal.radisi.or.id/index.php/PKMRADISI/article/view/455/242
Yulianto, D., Puspitoningrum, E., Muarifin, M., Firmansyah, A. F., & Pradana, D. S. (2024). Optimalisasi digital marketing untuk pemasaran kuda lumping sekaligus pelestarian seni budaya Desa Karangrejo Kabupaten Kediri. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 9(2), 159–167. https://doi.org/10.21067/JPM.V9I2.10586