PROGRAM ANTISIPASI PERILAKU BULLYING DI KALANGAN PELAJAR SMK

Authors

  • Sri Suneki Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas PGRI Semarang
  • Mahmud Yunus Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Jakarta
  • Haryono Haryono Hukum Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i3.2430

Keywords:

Bullying, Peserta Didik, Konsekuensi Hukum, Antisipasi

Abstract

Perundungan merupakan masalah serius yang sering terjadi di lingkungan sekolah dan dapat berdampak negatif bagi korban, pelaku, dan lingkungan sekitar. Korban perundungan dapat mengalami gangguan fisik, psikologis, sosial, dan akademik. Pelaku perundungan dapat menjadi pribadi yang agresif, antisosial, dan berisiko terlibat dalam tindak kriminal. Lingkungan sekolah dapat menjadi tidak kondusif, tidak aman, dan tidak nyaman bagi semua pihak. Tujuan kegiatan ini yaitu mengantisipasi perilaku bullying dikalangan pelajar SMK Pelita Nusantara 2 Kota Semarang. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam program yaitu Sosialisasi dan pendampingan Literasi Perilaku Bullying, Sosialisasi dan pendampingan pemahaman Konsekuensi hukum Perilaku Bullying dan Pelatihan dan pendampingan Program pencegahan Perilaku Bullying. Hasil program pengabdian masyarakat tentang pencegahan perilaku bullying di SMK Pelita Nusantara 2 Semarang menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kesadaran siswa. Sosialisasi dan pendampingan literasi bullying diikuti oleh 90 siswa dan guru, meningkatkan pemahaman dari 60% menjadi 90%. Sosialisasi konsekuensi hukum perilaku bullying meningkatkan kesadaran hukum siswa dari 52% menjadi 90%. Pelatihan pencegahan bullying, yang menekankan strategi intervensi, kebijakan sekolah, dan dukungan psikologis, meningkatkan efektivitas implementasi dari 65% menjadi 80%. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan langkah pencegahan bullying di sekolah. Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan yaitu sekolah dapat membuat program untuk mengantisipasi perilaku bullying dikalangan pelajar SMK Pelita Nusantara 2 Kota Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, S., Dwi, P. G., Sudrajat, R., & Yunus, M. (2022). Fanatisme Panser Biru Semarang, Salam Loyal Tapi Pintar. LPPM Universitas PGRI Semarang, 3, 1–23.

Anisah, A. S., Nazib, F. M., Mutiara, C., Putri, S., Nurfadilah, S. S., & Nawawi, R. (2024). Perundungan dunia maya (cyberbullying) dan cara mengatasi perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 201–212.

Arsal, T., Yunus, M., Handoyo, E., & Ahmad, S. (2020). Survival strategy of rice farmers in planting paddy in dry season. Komunitas, 12(2), 163–170. https://doi.org/10.15294/komunitas.v12i2.23920

Ashofa, N. H. (2019). Terapi realitas untuk menangani trauma (Post-Traumatic Stress Disorder) pada korban bullying di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 16(1), 86–99. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-07

Haryono, Suneki, S., Ps, S., & Yunus, M. (2023). Implementation of religious pluralism tolerance in the village of Penyangkringan, Kendal Regency. Journal of Etika Demokrasi, 8(1), 56–63. https://doi.org/10.26618/jed.v8i1.

Hidayat, L., Fauziah, N., Febriana, F., Marini, A., & Yunus, M. (2024). Peranan pembelajaran IPS terhadap pembentukan karakter kepekaan sosial peserta didik di sekolah dasar. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54.

Imani, F. A., Kusmawati, A., & Amin, H. M. T. (2021). Pencegahan kasus cyberbullying bagi remaja pengguna sosial media. KHIDMAT SOSIAL: Journal of Social Work and Social Services, 2(1), 74–83. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/10433

Maulidya, A., Varathi, K., Marini, A., & Yunus, M. (2024). Peran kemampuan sosial dalam mendorong partisipasi siswa pada pembelajaran IPS SD. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252

Rizqi, H. (2019). Dampak psikologis bullying pada remaja. Wiraraja Medika, 9(1), 31–34. https://doi.org/10.24929/fik.v9i1.694

Siahaya, S., Muaja, H., & Ngantung, C. (2021). Penegakan hukum terhadap pelaku penindasan atau bullying di sekolah. Lex Crimen, 10(3), 3. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/lexcrimen/article/view/33137

Sukmawati, R., & Tarmizi, M. I. (2024). Dampak tindakan perundungan terhadap perkembangan mental siswa serta pencegahannya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 951–961. https://doi.org/10.13040/IJPSR.0975-8232.12(10).5595-03

Suneki, S., Haryono, Hadi, D. P., & Yunus, M. (2022). Implementasi pendidikan multikultural melalui festival seni projek penguatan profil pelajar Pancasila. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SNHP), 3, 1–23.

Suneki, S., & Yunus, M. (2023). Maintaining harmonization in preventing potential social-religious conflicts in the city of Semarang through community pluralism education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1079–1090.

Suneki, S., Yunus, M., & H. (2024). Strategy for preventing potential conflicts in the establishment of religious minority houses of worship in the city of Semarang. KnE Social Sciences, 2024, 301–308. https://doi.org/10.18502/kss.v9i6.15277

Syaipul Hayat, M., Yunus, M., Qotrun Nada, N., & Suma, S. (2024). Analysis of the integration of SDGs values in learning science project in vocational schools to build a sustainable lifestyle. KnE Social Sciences, 2024, 173–183. https://doi.org/10.18502/kss.v9i6.15265

Wulandari, V., Yunus, M., Nugraha, A. E. P., & Adhi, A. H. P. (2021). The role of capital structure, human resources, and technology in increasing salt farmers’ income. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 15(1), 157–165.

Published

2025-03-23

How to Cite

Suneki, S., Yunus, M., & Haryono, H. (2025). PROGRAM ANTISIPASI PERILAKU BULLYING DI KALANGAN PELAJAR SMK . Jurnal Abdi Insani, 12(3), 1231–1238. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i3.2430

Issue

Section

section editor