PENYULUHAN TEKNIK BERKENDARA ECO RIDING SEPEDA MOTOR MATIC PADA REMAJA DI LINGKUNGAN GRIYA PAGUTAN INDAH MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i4.2405Keywords:
Konsumsi bahan bakar, Hemat bahan bakar, System CVT, Sepeda motorAbstract
Teknik mengendarai sepeda motor memiliki dampak langsung pada tingkat konsumsi bahan bakar. Berbagai aspek dalam cara mengemudi sepeda motor dapat mempengaruhi sejauh mana kendaraan dapat memanfaatkan bahan bakar dengan efisien. Akselerasi yang lembut dan bertahap membantu menghindari beban berlebih pada mesin dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan. Mesin sepeda motor memiliki titik efisiensi tertinggi pada kecepatan tertentu. Berkendara pada kecepatan yang konsisten dan optimal dapat membantu mesin bekerja pada titik efisiensi yang terbaik sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar. Selain itu, mesin yang terawat dengan baik akan memiliki efisiensi yang lebih baik. Dengan memahami dan menerapkan teknik berkendara yang hemat bahan bakar, pemilik sepeda motor dapat membantu mengoptimalkan efisiensi mesin dan mengurangi dampak lingkungan serta biaya operasional kendaraan. Secara umum, sepeda motor yang menggunakan sistem penggerak CVT cenderung memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, terutama dalam kondisi berkendara yang berhenti dan maju secara teratur atau saat berada di dalam lalu lintas dalam kota. Memberikan pelatihan kepada pengendara mengenai teknik berkendara yang efisien atau hemat bahan bakar, seperti menghindari akselerasi yang tidak perlu dan tidak melakukan pengereman yang tiba-tiba, dapat membantu mengurangi tekanan pada sistem transmisi dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Dengan menerapkan teknik-teknik perawatan yang baik, pengendara dapat memastikan bahwa sepeda motor berpenggerak CVT beroperasi pada performa terbaiknya, yang pada akhirnya dapat membantu menghemat konsumsi bahan bakar. Perawatan yang teratur dan praktek terbaik tidak hanya meningkatkan keandalan sepeda motor, tetapi juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan kantong pengendara melalui pengurangan biaya operasional.
Downloads
References
Arif, A., Muslim, M., Wagino, W., Hidayat, N., & Setiawan, M. Y. (2020). Keterampilan Tuna Karya Bidang Perawatan dan Servis Sepeda Motor Electronic Fuel Injection. Automotive Engineering Education, 1(1), 1-12.
Badan Pusat Statistik. (2024). Perkembangan jumlah kendaraan bermotor menurut jenis (unit) tahun 2021-2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Pradana, M. F., Intari, D. E., & Praditina, D. D. (2019). Analisa kecelakaan lalu lintas dan faktor penyebabnya di Jalan Raya Cilegon. Jurnal Kajian Teknik Sipil, 4(2), 165-175.
Pratiwi, E. N. (2022). Analisis kebijakan pemerintah dalam mengatasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Journal Economic and Strategy (JES), 3(2), 68-78. Retrieved from https://journal.utnd.ac.id/index.php/jes
Irawan, I., & Tyagita, D. A. (2016). Inovasi peningkatan efisiensi konsumsi bahan bakar motor bensin dengan penambahan tabung induksi (studi kasus sepeda motor matic 113cc). Jurnal Ilmiah INOVASI, 1(2), 87-90.
Khairunnisa, T., & Hasnawati, S. (2022). Reaksi pasar modal terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak (pada perusahaan sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2022). INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(4), 7441-7458. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta.
Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang No. 23 Tahun 2007 tentang Perlindungan Anak. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jakarta.
Sena, A. G. A. W., & Arta, I. K. K. (2021). Implikasi yuridis kenakalan remaja dalam dunia balap liar. Kertha Widya Jurnal Hukum, 9(2), 60-66.
Sitorus, B., Hidayat, R. D. R., & Prasetya, O. (2014). Pengelolaan penggunaan bahan bakar minyak yang efektif pada transportasi darat. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTransLog), 1(2), 117-126.
Indrayati, A., Findayani, A., Purnama, A. S., & Zakaria, M. U. (2021). Upaya penghematan BBM dan pengurangan emisi gas buangan kendaraan bermotor dengan minyak atsiri di Fakultas Ilmu Sosial UNNES. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 293-299. Retrieved from http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/index
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model participation action research dalam pemberdayaan masyarakat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62-71. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index
Fatkhurrokhman, A. F., Suwahyo, & Septiyanto, A. (2021). Pengaruh penggunaan modul CVT (Continuously Variable Transmission) mobil dan pengajarannya untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar transmisi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(21), 6-10.
Rabiman, R., & Handoyono, N. A. (2019). Kesadaran berlalu lintas mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(2), 27-44.
Ernawati, Fadillah, G. F., & Khairi, A. M. (2020). Optimalisasi peran orang tua dalam memahami remaja generasi milenial. Wacana, 12(1), 65-77. Retrieved from https://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id/
Mahmuddah, R. D., & Sutantra, I. N. (2019). Analisis perbandingan dan studi eksperimen karakteristik traksi transmisi manual dengan transmisi otomatis pada mobil Suzuki All New Ertiga 2018. Jurnal Teknik ITS, 8(1), 20-25.
Choliq, A., Rohmat, N., Ali, B. M., Alramadhani, N. A., & Maulana, R. Z. (2024). Sosialisasi jenis-jenis perawatan mesin yang diaplikasikan pada sepeda motor di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang. GARDA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 1-13.