PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i3.2397Keywords:
Kecerdasan buatan (AI), kompetendi pedagogik, pelatihan guru, pengajaran bahasa Inggris, integrasi teknologiAbstract
Penguasaan teknologi telah menjadi kompetensi pedagogis penting yang harus dimiliki oleh para pendidik modern untuk dapat berinteraksi secara efektif dengan para siswanya. Di Lubuklinggau, ditengarai masih banyak guru bahasa Inggris yang kesulitan untuk mengintegrasikan kemajuan teknologi, khususnya Kecerdasan Buatan (AI), ke dalam praktik mengajar. Kesenjangan pengetahuan ini menyoroti kebutuhan mendesak akan pelatihan yang terarah yang berfokus pada pemanfaatan AI untuk meningkatkan pengajaran bahasa Inggris secara efektif dan efisien. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pedagogis para guru agar dapat mengembangkan dan memberikan pengalaman belajar yang memenuhi harapan dan tuntutan pendidikan kontemporer. Untuk mencapai hal ini, program pelatihan menggunakan berbagai metode seperti: ceramah, diskusi interaktif, dan evaluasi praktis, dilakukan untuk melibatkan peserta secara mendalam dan memfasilitasi pemahaman materi yang komprehensif. Proyek Pengabdian Masyarakat ini dilakukan melalui kemitraan kolaboratif antara IAI Al-Azhar Lubuklinggau dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah (MGMP). Kemitraan ini mempertemukan para pakar pendidikan dan guru-guru lokal untuk menumbuhkan lingkungan belajar yang memperkaya. Kuesioner terstruktur diberikan kepada para peserta untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan. Data yang dikumpulkan dari evaluasi ini menunjukkan respons yang sangat positif, dengan 95% peserta menyatakan puas dengan kegiatan pelatihan dan mengakui potensi dampaknya terhadap praktik mengajar mereka. Sebagai kesimpulan, bukti menunjukkan bahwa inisiatif pelatihan ini telah berhasil meningkatkan kompetensi pedagogis guru bahasa Inggris di Lubuklinggau, membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih relevan dan inovatif yang sejalan dengan lanskap pendidikan yang terus berkembang
Downloads
References
Ai Munandar, T., & Handayani, D. (2022). Peningkatan kompetensi mengajar bagi guru SMK Kabupaten Lebak melalui pengenalan fitur Microsoft Mathematics. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2). https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.5192
Aimah, S., Ifadah, M., & Bharati, D. (2017). Building teacher’s pedagogical competence and teaching improvement through lesson study. Arab World English Journal, 8(1), 66–78. https://doi.org/10.24093/awej/vol8no1.6
Amrizal, V., & Aini, Q. (2013). Kecerdasan buatan (Q. Aini, Ed.). Halaman Moeka Publishing. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/44538/2/naskah%20kecerdasan%20buatan.pdf
Ani Hastuti, T., Soegiyanto, Suherman, W. S., Rahayu, S., & Utami, N. S. (2022). Improving the pedagogic competence of physical education teachers. Cakrawala Pendidikan, 41(2), 377–387. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.48231
Atin, S., Maulana, H., Afrianto, I., Hirawan, D., Dwi Agustia, R., Finandhita, A., & Dwiguna Saputra, I. (2023). Pelatihan dan penerapan IoT smart farming hidroponik guna mendukung mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (PKWU) di SMAN 1 Majalaya. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 342–353. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i2.12570
Elvanny Myori, D., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(2), 102–109. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/indexJTEV
Hakim, A. (2015). Contribution of competence teacher (pedagogical, personality, professional competence and social) on the performance of learning. The International Journal of Engineering and Science, 4(2), 1–12. www.theijes.com
Handayani, R., & Kurnia, F. (2022). Pelatihan pembuatan media ajar sains terintegrasi bahasa Inggris pada guru sekolah dasar. Jurnal Abdimas PHB, 5(1). https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2894/pdf_67
Harun, S. (2021). Pembelajaran di era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar: Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0.
Jati, G., & Dewi, F. (Eds.). (2021). Artificial intelligence (1st ed.). https://fliphtml5.com/vmgie/mnhj/basic
Kaplan, J. (2016). Artificial intelligence: What everyone needs to know.
Kusumawati, R. (2008). Kecerdasan buatan manusia (artificial intelligence): Teknologi impian masa depan. Ulul Albab, 9(2).
Marhaeni, N. H., Fitri, I. A., & Fariha, N. F. (2023). Pelatihan pembuatan game edukasi WordWall bagi guru SMA Dharma Amiluhur Yogyakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 988–997. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i4.14772
Nur Ismiatun, A. (2021). Improving early childhood education teacher professional competence through STEAM-based learning plan training. Journal of Character Education Society, 4(2), 261–270. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.4068
Nurhaida, D., Amran, E., Nugraha, E. R., Osman, A. F. Bin, & Shafira, A. N. (2023). Utilizing artificial intelligence (AI) technology to support MSMEs businesses: ChatGPT. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 910–918. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i4.15005
Pramusinta, Y., & Ummah, A. N. R. (2023). Peningkatan kreativitas guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan e-book. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 27–36. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.18757
Ramadhani, S. P., & Anggraeni, D. (2022). The role of teacher pedagogic competence in strengthening discipline of Indonesian language learning at elementary school. Bulletin of Science Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.51278/bse.v2i1.262
Rerendo, E. F., Pangesti, G. D., Mukarromah, N. A. A., Putri, V., Zulkardi, Z., & Sari, N. (2021). Peningkatan keprofesionalan guru matematika selama pandemi melalui pelatihan dan pembinaan guru. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 156–166. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/30197
Saragih, N. D. (2023). Menyiapkan pendidikan dalam pembelajaran di era. https://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/7094/MENYIAPKAN%20PENDIDIKAN%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20DI%20ERA.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Sharma, S., & Taneja, M. (2018). The effect of training on employee performance. International Journal of Recent Technology and Engineering, 7(4), 6–13. https://doi.org/10.36555/almana.v4i3.1477
Sujarwati, I. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley dalam pengelolaan sitasi dan referensi karya ilmiah. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v2i1.18303
Sun, Z., Anbarasan, M., & Praveen Kumar, D. (2021). Design of online intelligent English teaching platform based on artificial intelligence techniques. Computational Intelligence, 37(3), 1166–1180. https://doi.org/10.1111/coin.12351
Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., & Subandiyo, M. (2019). Pedagogic competence and Indonesian language competence pre-service teacher of elementary program. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 851–856.
Tsui, A. B. M., & Tavares, N. J. (2021). The technology cart and the pedagogy horse in online teaching. English Teaching & Learning, 45(1), 109–118. https://doi.org/10.1007/s42321-020-00073-z
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005.
Wu, R., & Yu, Z. (2023). Do AI chatbots improve students' learning outcomes? Evidence from a meta-analysis. British Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.1111/bjet.13334.