PENINGKATAN HEALTH LITERACY PADA GENERASI Z (GEN-Z) UNTUK PENCEGAHAN PENULARAN TUBERCULOSIS PARU (TB PARU)

Authors

  • Ernalinda Rosya Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Esa Unggul
  • Ferdania Yusvita Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Esa Unggul
  • Nenden Siti Fatonah Program Studi Teknik Informatika, Universitas Esa Unggul
  • Khoirul Anam Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Esa Unggul
  • Sajida Farhana Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Esa Unggul
  • Willian Rossa Setiaji Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Esa Unggul
  • Wina Rahmawati Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Esa Unggul
  • Galih Adhi Kusuma Program Studi Teknik Informatika, Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i3.2278

Keywords:

Health Literacy, Tuberculosis Paru, Pencegahan

Abstract

TB Paru menjadi penyebab kematian peringkat ke-8 didunia. Indonesia merupakan penyumbang peringkat ke-2 terbanyak kematian akibat TB Paru dan di posisi ke 2 dengan jumlah penderita TB Paru terbanyak didunia. TB Paru adalah penyakit infeksi yang dapat dicegah penularannya. Masyarakat belum optimal mendapatkan informasi dan tidak mengetahui bagaimana mencegah penularan penyakit ini. Penelitian yang terintegrasi dengan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anggota karangtaruna (Gen Z) tentang TB Paru. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan a pilot study of quasi experiment pre-post one group. Adapun intervensi yang diberikan meliputi pendidikan kesehatan dengan pendekatan ceramah dilakukan selama 1 bulan. Pendidikan kesehatan untuk pengetahuan, motivasi, dan kompetensi dalam mengakses, memahami,menilai dan menerapkan informasi untuk membuat keputusan dalam hal perawatan kesehatan, pencegahan penyakit dan promosi kesehatan. Kegiatan pendidikan kesehatan dihadiri oleh 30 orang anggota karang taruna. Peserta yang hadir lebih banyak perempuan (90%), dengan latar belakang pendidikan SMA (66%). Peserta mengetahui tentang penyakit TB Paru (25%) dan mendapatkan informasi tentang TB PAru dari Media social (46%). Kegiatan ini berhasil meningkatkan health literacy dari rata-rata (1.66 0.19) sebelum pendidikan kesehatan menjadi (1.980.23) sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Peningkatan yang signifikan terjadi pada kemampuan mengevaluasi dan menggunakan informasi.  Kesimpulan: Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan sesuai rencana dan berjalan lanjar serta terjadi peningkatan health litecacy pada anggota karang taruna (Gen-Z).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, L. I., Noermijati, Rofiaty, & Irawanto, D. W. (2023). Job Satisfaction and Employee Engagement As Mediators of the Relationship Between Talent Development and Intention To Stay in Generation Z Workers. International Journal of Professional Business Review, 8(1), 1–19. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i1.814

Ameen, N., Cheah, J. H., & Kumar, S. (2022). It’s all part of the customer journey: The impact of augmented reality, chatbots, and social media on the body image and self-esteem of Generation Z female consumers. Psychology and Marketing, 39(11), 2110–2129. https://doi.org/10.1002/mar.21715

Antaranews. (2024). Kasus TB di Banten dan Jawa Barat lampaui angka estimasi.

Bambang Kesowo, S. N. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (pp. 1–7).

Bánfai-Csonka, H., Bánfai, B., Jeges, S., & Betlehem, J. (2022). Understanding Health Literacy among University Health Science Students of Different Nationalities. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(18). https://doi.org/10.3390/ijerph191811758

Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (2019). Basic TB Facts | TB | CDC. https://www.cdc.gov/tb/topic/basics/default.htm

Chen, X., Orom, H., Hay, J. L., Waters, E. A., Schofield, E., Li, Y., & Kiviniemi, M. T. (2019). Differences in Rural and Urban Health Information Access and Use. The Journal of Rural Health, 35(3), 405–417. https://doi.org/10.1111/jrh.12335

Christy, S. M., Gwede, C. K., Sutton, S. K., Chavarria, E., Davis, S. N., Abdulla, R., Ravindra, C., Schultz, I., Roetzheim, R., & Meade, C. D. (2017). Health Literacy among Medically Underserved: The Role of Demographic Factors, Social Influence, and Religious Beliefs. Journal of Health Communication, 22(11), 923–931. https://doi.org/10.1080/10810730.2017.1377322

Couceiro, L., Santana, P., & Nunes, C. (2011). Pulmonary tuberculosis and risk factors in Portugal: A spatial analysis. In International Journal of Tuberculosis and Lung Disease. https://doi.org/10.5588/ijtld.10.0302

Dragolea, L. L., Butnaru, G. I., Kot, S., Zamfir, C. G., Nuţă, A. C., Nuţă, F. M., Cristea, D. S., & Ştefănică, M. (2023). Determining factors in shaping the sustainable behavior of the generation Z consumer. Frontiers in Environmental Science, 11(January), 1–21. https://doi.org/10.3389/fenvs.2023.1096183

Dyussenbayev, A. (2017). Age Periods Of Human Life. Advances in Social Sciences Research Journal, 4(6), 258–263. https://doi.org/10.14738/assrj.46.2924

Estacio, E. V., Whittle, R., & Protheroe, J. (2019). The digital divide: Examining socio-demographic factors associated with health literacy, access and use of internet to seek health information. Journal of Health Psychology, 24(12), 1668–1675. https://doi.org/10.1177/1359105317695429

Eti Nurhayati. (2014). Psikologi Perempuan dalam Berbagai Perspektif. In Pustaka Pelajar.

Kemenkes RI. (2018a). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia tahun 2018. In Riset Kesehatan Dasar 2018 (pp. 182–183).

Kemenkes RI. (2018b). Laporan Provinsi Banten RISKESDAS 2018. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 575.

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Manalu, H. S. P. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian TB Paru Dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Ekologi Kesehatan.

McCaffery, K., Dodd, R., Cvejic, E., Ayre, J., Isautier, J., Copp, T., Bonner, C., Pickles, K., Nickel, B., Dakin, T., Cornell, S., & Wolf, M. (2020). Health literacy and disparities in COVID-19–related knowledge, attitudes, beliefs and behaviours in Australia. Public Health Research & Practice, 30(4). https://doi.org/10.17061/phrp30342012

Mubarokah, K., Nurjanah, N., Yuantari, M. G. C., & Asfawi, S. (2024). TBL-20Q-IDN : Validation of Tuberculosis Literacy Instrument in Urban Settings. 00017, 1–14.

Muniyandi, M., Rao, V. G., Bhat, J., Yadav, R., Sharma, R. K., & Bhondeley, M. K. (2015). Health literacy on tuberculosis amongst vulnerable segment of population: Special reference to Saharia tribe in central India. Indian Journal of Medical Research, 141(May), 640–647.

Nurhaliza, Lestari, E. T., & Irawani, F. (2021). Analisis Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial, 1(2), 11–19.

Nurjanah, & Mubarokah, K. (2019). Health Literacy and Health Behavior in the Rural Areas. KnE Life Sciences, 4(10), 8. https://doi.org/10.18502/kls.v4i10.3702

Okan, O., Bollweg, T. M., Berens, E.-M., Hurrelmann, K., Bauer, U., & Schaeffer, D. (2020). Coronavirus-Related Health Literacy: A Cross-Sectional Study in Adults during the COVID-19 Infodemic in Germany. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(15), 5503. https://doi.org/10.3390/ijerph17155503

Orea-Giner, A., & Fusté-Forné, F. (2023). The way we live, the way we travel: generation Z and sustainable consumption in food tourism experiences. British Food Journal, 125(13), 330–351. https://doi.org/10.1108/BFJ-11-2022-0962

Penaloza, R., Navarro, J. I., Jolly, P. E., Junkins, A., Seas, C., & Otero, L. (2019).

Health literacy and knowledge related to tuberculosis among outpatients at a referral hospital in Lima, Peru

. Research and Reports in Tropical Medicine, Volume 10, 1–10. https://doi.org/10.2147/rrtm.s189201

Pender, N. J., Murdaugh, C. L., & Parsons, M. A. (2015). Health promotion in nursing practice. In Nursing standard (Royal College of Nursing (Great Britain) : 1987) (Seventh, Vol. 5, Issue 23). Pearson. https://doi.org/10.7748/ns.5.23.37.s49

Pengarsipan, S., Pada, D., Smk, S., Depok, N., Nugroho, F., Ulfah, R., Dewi, N. F., Salamah, U. G., Islami, Y., Wijaya, H., Maghfuriyah, A., Hertin, R. D., & Ridho, A. (2024). JURNAL ABDI INSANI Program Studi Bisnis Digital , Universitas Global Jakarta , 2 Program Studi Akuntansi , Program Studi Teknik Informatika , Universitas Global Jakarta. 11, 106–115.

Siregar Aisyah, N., Harahap Royani, N., & Harahap Sari, H. (2023). Hubungan Antara Pretest dan Posttest dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di MTS Alwashliyah Pantai Cirebon. Edunomika, 07(01), 2–3.

Stormacq, C., Van den Broucke, S., & Wosinski, J. (2019). Does health literacy mediate the relationship between socioeconomic status and health disparities? Integrative review. Health Promotion International, 34(5), e1–e17. https://doi.org/10.1093/heapro/day062

Tangerang, D. K. K. (2023). Data Statistik Sektoral Kabupaten Tangerang Tahun 2023. In Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang.

Tarihoran, N., Fachriyah, E., Tressyalina, & Sumirat, I. R. (2022). The Impact of Social Media on the Use of Code Mixing by Generation Z. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(7), 54–69. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i07.27659

World Health Organization (WHO). (2022). Global Tuberculosis Report 2022 (Issue 1). WHO.

Published

2025-03-23

How to Cite

Rosya, E., Yusvita, F., Fatonah, N. S., Anam, K., Farhana, S., Setiaji, W. R., … Kusuma, G. A. (2025). PENINGKATAN HEALTH LITERACY PADA GENERASI Z (GEN-Z) UNTUK PENCEGAHAN PENULARAN TUBERCULOSIS PARU (TB PARU). Jurnal Abdi Insani, 12(3), 955–965. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i3.2278

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)