MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN DESA: PELATIHAN KEUANGAN PERSONAL UNTUK KESEJAHTERAAN ANGGOTA SEKOLAH PEREMPUAN DI DESA DOORO, GRESIK

Authors

  • Nunik Dwi Kusumawati Program Studi S1 Manajemen Universitas Negeri Surabaya
  • Harlina Meidiaswati Program Studi S1 Manajemen Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Rizky Ramadhan Program Studi S1 Manajemen Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Husain Program Studi S1 Manajemen Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i2.2262

Keywords:

literasi keuangan, pemberdayaan perempuan, Desa Dooro, Sekoper, pengelolaan keuangan

Abstract

Pelatihan pengelolaan keuangan personal bagi anggota Sekolah Perempuan (Sekoper) di Desa Dooro, Gresik, bertujuan meningkatkan literasi keuangan dan memberdayakan perempuan desa. Program ini membantu mengatasi tantangan seperti kurangnya pencatatan keuangan, perencanaan anggaran, dan pengelolaan risiko finansial. Melalui pendekatan partisipatif, pelatihan ini mencakup pemberian materi dan pendampingan praktis. Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan literasi keuangan dan memberdayakan perempuan desa untuk mengelola keuangan dengan lebih baik, serta mengurangi risiko kesalahan pengeluaran dan utang yang tidak terkendali. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pendekatan partisipatif dengan pemberian materi, pendampingan praktis, dan evaluasi berbasis pre-test serta post-test. Pelatihan manajemen keuangan secara efektif meningkatkan pemahaman peserta tentang keuangan pribadi dan bisnis. Topik utama mencakup perencanaan keuangan, manajemen utang, penyusunan anggaran, dan pengendalian pengeluaran. Latihan praktis dan simulasi memperkuat pembelajaran, menghasilkan rata-rata jawaban benar sebesar 92% dalam uji pemahaman pasca-pelatihan. Umpan balik peserta menunjukkan tingkat kepuasan tinggi, dengan 86,67% menilai pelatihan sebagai "memuaskan" atau lebih. Program ini berhasil memenuhi kebutuhan peserta, menunjukkan komunikasi yang efektif, serta memastikan kejelasan materi. Temuan ini menegaskan dampak program dalam meningkatkan literasi keuangan dan pengambilan keputusan finansial yang bertanggung jawab.Program ini diharapkan memberikan dampak positif jangka panjang bagi kesejahteraan ekonomi perempuan desa dan menjadi model yang dapat direplikasi untuk memberdayakan perempuan di komunitas lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candiya-Bongomin, G. O., Munene, J. C., Ntayi, J. M., & Malinga, C. A. (2017). Financial literacy in emerging economies. Managerial Finance, 43(12), 1310–1331. https://doi.org/10.1108/MF-04-2017-0117

Data Demografi Berdasar Pekerjaan Desa Dooro. (2023). Https://Desadooro.Gresikkab.Go.Id/First/Statistik/1.

Farrell, L., Fry, T. R. L., & Risse, L. (2016). The significance of financial self-efficacy in explaining women’s personal finance behaviour. Journal of Economic Psychology, 54(2016), 85–99. https://doi.org/10.1016/j.joep.2015.07.001

Hariani, L. S., & Andayani, E. (2020). Manajemen keuangan pribadi: literasi ekonomi, literasi keuangan, dan kecerdasan spiritual. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 15(3), 162–170. https://doi.org/10.21067/jem.v15i3.4411

Khoirunnisa, I. R., & Rochmawati. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Pendidikan Keuangan Keluarga Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 9(2), 210–219.

Lusardi, A., & Messy, F.-A. (2023). The importance of financial literacy and its impact on financial wellbeing. Journal of Financial Literacy and Wellbeing, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.1017/flw.2023.8

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5

Nurhayati, H., & Nurodin, I. (2019). Pengaruh Keuangan Inklusi dan Literasi Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi di Kabupaten Sukabumi. Prosiding SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi Dan Riset Terapan) , 167–175.

Sari, N. R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendidikan Keuangan di Keluarga, Uang Saku terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan dengan Financial Self-Efficacy sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 58–70.

Tustin, D. H. (2010). An impact assessment of a prototype financial literacy flagship programme in a rural South African setting. African Journal of Business Management, 4(9), 1894–1902.

Xu, L., & Zia, B. (2012). Financial Literacy around the World: An Overview of the Evidence with Practical Suggestions for the Way Forward (6107).

Published

2025-02-22

How to Cite

Kusumawati, N. D., Meidiaswati, H., Ramadhan, M. R., & Husain, M. (2025). MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN DESA: PELATIHAN KEUANGAN PERSONAL UNTUK KESEJAHTERAAN ANGGOTA SEKOLAH PEREMPUAN DI DESA DOORO, GRESIK. Jurnal Abdi Insani, 12(2), 659–667. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i2.2262

Issue

Section

section editor