SERTIFIKASI HALAL DAN DESAIN KEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DAN PERMINTAAN MASYARAKAT TERHADAP SATE BANDENG

Authors

  • Lovely Lady Jurusan Teknik Industri, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lely Herlina Jurusan Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yayan Harry Yadi Jurusan Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i1.2258

Keywords:

Self-Declare Sertifikasi Halal, Desain Kemasan, Sertifikasi Halal, Kemasan Ramah Lingkungan, Sate Bandeng

Abstract

Usaha UMKM bu Eni bergerak dibidang makanan olahan yaitu sate bandeng. Sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan maka dilakukan usaha mendapatkan sertifikat halal dan memperbaiki tampilan produk sebagai media promosi makanan oleh-oleh dengan mendesain kemasan yang menarik. Tujuan program ini adalah memberikan pendampingan kepada UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal dan mendesain kemasan produk yang menarik. Untuk mendapatkan sertifikat halal, UMKM sate bandeng Bu Eni melakukan proses sertifikasi halal dengan metode self declare, yaitu menyatakan sendiri bahwa produknya halal, dan pelaku usaha bertanggung jawab penuh atas pernyataan kehalalan produknya dan memastikan bahwa produknya telah memenuhi semua persyaratan halal. Proses self declare dilakukan dengan pendampingan peneliti yang memiliki legitimasi sebagai Pendamping Produk Halal (PPI). Untuk memastikan kehalalan bahan baku dan proses produksi maka PPI melakukan survei dan wawancara langsung ke UMKM sate bandeng bu Eni. Hasil survey UMKM sate bandeng bu Eni sudah memenuhi persyaratan self declare pada pengajuan sertifikasi halal, meliputi: 1. Identifikasi bahan yang digunakan kehalalannya; 2. Kebersihan proses produksi dan tidak terkontaminasi oleh najis; 3. Membuat self declare oleh pelaku usaha didampingi oleh pendamping PPH. Dalam mendesain kemasan produk beberapa prinsip desain kemasan menjadi panduan termasuk memberikan informasi yang lengkap tentang bahan-bahan produk, Alamat dan no whatsapp UMKM, nama produk jelas terbaca, menggunakan konsep ecofriendly, dan desain yang menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Y., Pratikto, H., Churiyah, M., Dharma, B. A., & Malang, U. N. (2019). Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 139–150.

Ampuero, O., & Vila, N. (2006). Consumer perceptions of product packaging. Journal of Consumer Marketing, 23(2), 102–114. https://doi.org/10.1108/07363760610655032

Aristi, N. M., Ridha, M. N., & Rizki, A. S. (2023). Sosialiasi Perancangan Label Kemasan Produk Hasil Budidaya Jamur Tiram Modern Masyarakat Desa Panggung Tanah Laut. Jurnal Pengabdian Masyarakat …, 6(1), 113–117. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/pengabdianbumir/article/view/4892

Herrmann, L. (2009). Sustainability in Packaging; a study of trends, ideas, and perceptions of sustainability as it relates to packaging. 1–40. http://digitalcommons.calpoly.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1012&context=grcsp

Istianah, R. (2022). Pengembangan Desain Kemasan Produk Makanan Merek Krispy Yammy Babeh. Jurnal Seni Dan Desain Serta Pembelajarannya, 4(1), 33–44. https://ejournal.upi.edu/index.php/irama/article/download/49133/19959

Ksenia, P. (2013). Packaging Design as a Marketing Tool and Desire to Purchase. Journal of Enterprise Information Management, 1–81. https://www.theseus.fi/handle/10024/55293

Mazhar, S Daud, S. . B., & Mubin. (2015). Impact of Product Packaging on Consumer’s Buying Behavior. Journal of Marketing and Consumer Research, 16(2), 35–42. https://doi.org/10.13140/2.1.2343.4885

Nilsson, F., Silva, N., & Schelin, J. (2024). Single-use versus reusable packaging for perishable liquid foods - Exploring evidence from research on climate impact and food safety. Resources, Conservation and Recycling, 207(May), 107655. https://doi.org/10.1016/j.resconrec.2024.107655

Orzan, G., Cruceru, A. F., Balaceanu, C. T., & Chivu, R. G. (2018). Consumers’ behavior concerning sustainable packaging: An exploratory study on Romanian consumers. Sustainability (Switzerland), 10(6). https://doi.org/10.3390/su10061787

Indraputrta, P., (2024). Pentingnya Sertifikasi Halal & Semangat Wujudkan UMKM Go Internasional. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/opini/20240404153753-14-528382/pentingnya-sertifikasi-halal-semangat-wujudkan-umkm-go-internasional [diakses 20 Agustus 2024]

Pratama, S., Aditywan, O., & Fathurrizky, A. (2023). Perancangan Desain Kemasan Sebagai Media Promosi Produk Kuliner Tradisional. Jurnal Kajian Pariwisata, 5(1), 11–19. https://doi.org/10.51977/jiip.v5i1.1086

Rambabu, L., & Porika, R. (2020). Packaging strategies: knowledge outlook on consumer buying behaviour. Journal of Industry-University Collaboration, 2(2), 67–78. https://doi.org/10.1108/jiuc-10-2019-0017

Rido, M., & Sukmana, A. H. (2021). Urgensi Sertifikasi Halal Bagi Bisnis Umkm. JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB), 2(2), 129–142. https://doi.org/10.31764/jabb.v2i2.5644

Smith, M. M. (2015). Impact of environmentally friendly packaging on consumers ’ attitudes and patronage intentions toward apparel retail brands. 16, 92–99. http://scholarworks.uark.edu/ghesuht/13

Sucofindo. (2022). Prosedur, Manfaat, serta Bisnis yang Membutuhkan Sertifikasi Halal. Www.Sucofindo.Co.Id. https://www.sucofindo.co.id/artikel-1/umum/sertifikasi-13/prosedur-manfaat-serta-bisnis-yang-membutuhkan-sertifikasi-halal/ [diakses 20 Agustus 2024]

Swastawati, F., Wijayanti, I., Suminto, S., & Prasetyo, D. Y. B. (2018). Profil Nutrisi dan Kualitas Galantin Bandeng dengan Penambahan Jenis dan Konsentrasi Asap Cair yang Berbeda. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 21(3), 433–442.

Wibowo, R, I. H., & Irawati, Z. (2018). Kajian Teknologi Sate Bandeng Iriadiasi Hasil Produksi Litbang Bantan. Pusat Kemitraan Teknologi Nuklir, 461–468.

Wu, X., Liu, P., Shi, H., Wang, H., Huang, H., Shi, Y., & Gao, S. (2021). Photo aging and fragmentation of polypropylene food packaging materials in artificial seawater. Water Research, 188, 116456. https://doi.org/10.1016/j.watres.2020.116456

Zahara, R. L. (2024). Strategi Branding Logo Dan Kemasan Produk Makanan Tradisional “ Enye Ibu Iya”. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 27(1), 7–12. https://doi.org/10.24821/ars.v27i1.6757

Zulfakar, M. H., Anuar, M. M., & Talib, M. S. A. (2014). Conceptual framework on halal food supply chain integrity enhancement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 121, 58–67. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1108

Published

2025-01-30

How to Cite

Lady, L., Herlina, L., & Yadi, Y. H. (2025). SERTIFIKASI HALAL DAN DESAIN KEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DAN PERMINTAAN MASYARAKAT TERHADAP SATE BANDENG. Jurnal Abdi Insani, 12(1), 398–410. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i1.2258

Issue

Section

section editor