SERTIFIKASI HALAL DAN DESAIN KEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DAN PERMINTAAN MASYARAKAT TERHADAP SATE BANDENG
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i1.2258Keywords:
Self-Declare Sertifikasi Halal, Desain Kemasan, Sertifikasi Halal, Kemasan Ramah Lingkungan, Sate BandengAbstract
Usaha UMKM bu Eni bergerak dibidang makanan olahan yaitu sate bandeng. Sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan maka dilakukan usaha mendapatkan sertifikat halal dan memperbaiki tampilan produk sebagai media promosi makanan oleh-oleh dengan mendesain kemasan yang menarik. Tujuan program ini adalah memberikan pendampingan kepada UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal dan mendesain kemasan produk yang menarik. Untuk mendapatkan sertifikat halal, UMKM sate bandeng Bu Eni melakukan proses sertifikasi halal dengan metode self declare, yaitu menyatakan sendiri bahwa produknya halal, dan pelaku usaha bertanggung jawab penuh atas pernyataan kehalalan produknya dan memastikan bahwa produknya telah memenuhi semua persyaratan halal. Proses self declare dilakukan dengan pendampingan peneliti yang memiliki legitimasi sebagai Pendamping Produk Halal (PPI). Untuk memastikan kehalalan bahan baku dan proses produksi maka PPI melakukan survei dan wawancara langsung ke UMKM sate bandeng bu Eni. Hasil survey UMKM sate bandeng bu Eni sudah memenuhi persyaratan self declare pada pengajuan sertifikasi halal, meliputi: 1. Identifikasi bahan yang digunakan kehalalannya; 2. Kebersihan proses produksi dan tidak terkontaminasi oleh najis; 3. Membuat self declare oleh pelaku usaha didampingi oleh pendamping PPH. Dalam mendesain kemasan produk beberapa prinsip desain kemasan menjadi panduan termasuk memberikan informasi yang lengkap tentang bahan-bahan produk, Alamat dan no whatsapp UMKM, nama produk jelas terbaca, menggunakan konsep ecofriendly, dan desain yang menarik.
Downloads
References
Agustina, Y., Pratikto, H., Churiyah, M., Dharma, B. A., & Malang, U. N. (2019). Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 139–150.
Ampuero, O., & Vila, N. (2006). Consumer perceptions of product packaging. Journal of Consumer Marketing, 23(2), 102–114. https://doi.org/10.1108/07363760610655032
Aristi, N. M., Ridha, M. N., & Rizki, A. S. (2023). Sosialiasi Perancangan Label Kemasan Produk Hasil Budidaya Jamur Tiram Modern Masyarakat Desa Panggung Tanah Laut. Jurnal Pengabdian Masyarakat …, 6(1), 113–117. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/pengabdianbumir/article/view/4892
Herrmann, L. (2009). Sustainability in Packaging; a study of trends, ideas, and perceptions of sustainability as it relates to packaging. 1–40. http://digitalcommons.calpoly.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1012&context=grcsp
Istianah, R. (2022). Pengembangan Desain Kemasan Produk Makanan Merek Krispy Yammy Babeh. Jurnal Seni Dan Desain Serta Pembelajarannya, 4(1), 33–44. https://ejournal.upi.edu/index.php/irama/article/download/49133/19959
Ksenia, P. (2013). Packaging Design as a Marketing Tool and Desire to Purchase. Journal of Enterprise Information Management, 1–81. https://www.theseus.fi/handle/10024/55293
Mazhar, S Daud, S. . B., & Mubin. (2015). Impact of Product Packaging on Consumer’s Buying Behavior. Journal of Marketing and Consumer Research, 16(2), 35–42. https://doi.org/10.13140/2.1.2343.4885
Nilsson, F., Silva, N., & Schelin, J. (2024). Single-use versus reusable packaging for perishable liquid foods - Exploring evidence from research on climate impact and food safety. Resources, Conservation and Recycling, 207(May), 107655. https://doi.org/10.1016/j.resconrec.2024.107655
Orzan, G., Cruceru, A. F., Balaceanu, C. T., & Chivu, R. G. (2018). Consumers’ behavior concerning sustainable packaging: An exploratory study on Romanian consumers. Sustainability (Switzerland), 10(6). https://doi.org/10.3390/su10061787
Indraputrta, P., (2024). Pentingnya Sertifikasi Halal & Semangat Wujudkan UMKM Go Internasional. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/opini/20240404153753-14-528382/pentingnya-sertifikasi-halal-semangat-wujudkan-umkm-go-internasional [diakses 20 Agustus 2024]
Pratama, S., Aditywan, O., & Fathurrizky, A. (2023). Perancangan Desain Kemasan Sebagai Media Promosi Produk Kuliner Tradisional. Jurnal Kajian Pariwisata, 5(1), 11–19. https://doi.org/10.51977/jiip.v5i1.1086
Rambabu, L., & Porika, R. (2020). Packaging strategies: knowledge outlook on consumer buying behaviour. Journal of Industry-University Collaboration, 2(2), 67–78. https://doi.org/10.1108/jiuc-10-2019-0017
Rido, M., & Sukmana, A. H. (2021). Urgensi Sertifikasi Halal Bagi Bisnis Umkm. JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB), 2(2), 129–142. https://doi.org/10.31764/jabb.v2i2.5644
Smith, M. M. (2015). Impact of environmentally friendly packaging on consumers ’ attitudes and patronage intentions toward apparel retail brands. 16, 92–99. http://scholarworks.uark.edu/ghesuht/13
Sucofindo. (2022). Prosedur, Manfaat, serta Bisnis yang Membutuhkan Sertifikasi Halal. Www.Sucofindo.Co.Id. https://www.sucofindo.co.id/artikel-1/umum/sertifikasi-13/prosedur-manfaat-serta-bisnis-yang-membutuhkan-sertifikasi-halal/ [diakses 20 Agustus 2024]
Swastawati, F., Wijayanti, I., Suminto, S., & Prasetyo, D. Y. B. (2018). Profil Nutrisi dan Kualitas Galantin Bandeng dengan Penambahan Jenis dan Konsentrasi Asap Cair yang Berbeda. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 21(3), 433–442.
Wibowo, R, I. H., & Irawati, Z. (2018). Kajian Teknologi Sate Bandeng Iriadiasi Hasil Produksi Litbang Bantan. Pusat Kemitraan Teknologi Nuklir, 461–468.
Wu, X., Liu, P., Shi, H., Wang, H., Huang, H., Shi, Y., & Gao, S. (2021). Photo aging and fragmentation of polypropylene food packaging materials in artificial seawater. Water Research, 188, 116456. https://doi.org/10.1016/j.watres.2020.116456
Zahara, R. L. (2024). Strategi Branding Logo Dan Kemasan Produk Makanan Tradisional “ Enye Ibu Iya”. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 27(1), 7–12. https://doi.org/10.24821/ars.v27i1.6757
Zulfakar, M. H., Anuar, M. M., & Talib, M. S. A. (2014). Conceptual framework on halal food supply chain integrity enhancement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 121, 58–67. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1108