DESIMINASI PRODUK PAVING BLOK BERPORI UNTUK TAMAN BERMAIN DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN PADA KELOMPOK BERMAIN ANAK DI DESA LIWUTUNG DUA KAB. MINAHASA TENGGARA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i3.1709Keywords:
Kelompok Bermain, Paving Blok Berpori, Lingkungan, Sampah Plastik, PedesaanAbstract
Pendidikan anak ditentukan sejak anak berada dalam usia dini yang tentunya perlu dibarengi dengan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Kelompok bermain anak “BUNDA” di Desa Liwutung Kec. Pasan Kab. Minahasa Tenggara merupakan kelompok anak-anak Sekolah Dasar yang terbentuk oleh karena kesukaan bermain dan berolahraga bersama sehingga mencari halaman pekarangan warga sebagai lokasi menyalurkan hobi dan keinginannya bermain. Kelompok ini pula merupakan kelompok belajar anak dimasa pandemi yang dengan berjalannya waktu menjadi solid dan membentuk kelompok bermain sendiri. Dengan mempertimbangkan kondisi dan fasilitas bermain anak-anak ini, tujuan program Pengabdian kepada Masyarakat ini bermaksud untuk menghilirisasi produk penelitian paving blok berpori sebagai bentuk diseminasi produk teknologi guna menciptakan lokasi bermain yang aman dan nyaman sehingga dapat membantu kelompok anak ini bermain sambil belajar. Metode kegiatan dilakukan dengan participatory action research melalui penerapan hasil teknologi paving blok berpori untuk tempat bermain anak serta metode observasi dan pelatihan keterampilan anak melalui pembuatan kerajinan tangan dari plastik daur ulang. Dari hasil kegiatan ini diperoleh perbaikan lokasi bermain anak yang lebih nyaman dibarengi dengan peningkatan pengetahuan dalam hal pengelolaan lingkungan khususnya terkait sampah plastik dan keterampilan membuat kerajinan tangan dari plastik daur ulang. Adapun keberlanjutan pendampingan terhadap anak-anak ini perlu terus dilakukan dalam menunjang terbetuknya individu-individu yang bertanggung jawab dalam menjaga lingkungan hidup menuju ekosistem pedesaan yang bersih dan mandiri.
Downloads
References
Agusintadewi, N.K., Putra, I., & Widiastuti. (2022). Aspek Keamanan Pada Kualitas Fisik Fasilitas Bermain Anak Taman Kota Janggan: Menuju Denpasar Kota Ramah Anak. Jurnal Arsitektur NALARs, 21(1), 25-34. DOI: https://doi.org/10.24853/nalars.21.1.25-34
Badan Pusat Statistik Minahasa Tenggara. Kabupaten Minahasa Tenggara Dalam Angka, (2021), ISBN: 2655-7362.
Baskara, M. (2011). Prinsip Pengendalian Perancangan Taman Bermain Anak di Ruang Publik. Jurnal Lanskap Indonesia, 3(1), 27-34.
Batubara, R., Mardiansyah, R., & Sukma, A. A. M. (2022). Pengadaan Tong Sampah Organik dan Anorganik di Kelurahan Indro Kecamatan Kebomas Gresik. DedikasiMU: Journal of Community Service, 4(1), 101-107.
Buysse, V., Goldman, B. D., & Skinner, M. L. (2002). Setting Effects on Friendship Formation among Young Children with and without Disabilities. Exceptional Children, 68(4), 503-517. https://doi.org/10.1177/001440290206800406
Dewi, Y., & Raharjo, T. (2019). Menganalisis Aspek Hukum Bahaya Plastik Terhadap Kesehatan Dan Lingkungan Serta Solusinya. Jurnal Kosmik Hukum, 1(1). http://dx.doi.org/10.30595/kosmikhukum.v19i1.4082.
Gelbert, M., Prihanto, D., & Suprihatin, A. (1996). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dan “Wall chart”. BukuPanduan Pendidikan Lingkungan Hidup, Malang: PPPGT/VEDC, 1996.
Harimurti, S. M., Rahayu, E. D., Yuriandala, Y., Koeswandana, N. A., Sugiyanto, R. A. L., Perdana, M. P. G. P., Sari, A. W., Putri, A. N., Putri, L. T., & Sari, C. G. (2020). Pengolahan Sampah Anorganik: Pengabdian Masyarakat Mahasiswa pada Era Tatanan Kehidupan Baru. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 565-572.
Maria, C. R., Pandelaki, E. E., & Suprapti, A. (2021). Prinsip-prinsip taman ramah anak berdasarkan sudut pandang pengguna. REGION: Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif. Vol. 16, No. 2, Hal 291-310. https://doi.org/10.20961/region.v16i2.37913
Ricky, S. P. & Kartika, E. S. (2019). Prioritas kriteria perancangan taman layak anak berdasarkan persepsi stakeholder. Planning for Urban Region and Environment, 8(3), 161-168.
Risma, D. A. (2018). Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Pada Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.36840/ulya.v3i1.150
Rodger, S. & Ziviani, J. (2006). Occupational Theraphy with Children: Understanding Children’s Occupations and Enabling Participation. Oxford: Backwell Publishing Ltd.
SIPSN - Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (menlhk.go.id)
Subekti, S. (2010). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga 3R Berbasis Masyarakat. Majalah Ilmiah Universitas Panandaran, 7(14).
Supit, S., Priyono, Sirun, A., & Astanto, M. (2022). Study on Pervious Concrete Paving Block Containing Plastic Waste Type PET as a Sand Replacement, Proceedings of International Structural Engineering and Construction, Achieving Technical Excellence with Data Analytics in Materials, Structural Engineering and Construction, 9(2). 10.14455/ISEC.2022.9(2).MAT-20
Supit, S. & Priyono. (2022). Utilization of Recycled PET Plastic Waste as Replacement of Coarse Aggregate in Pervious Concrete, Materials Today: Proceedings, ELSEVIER, 66, 2990-2995, 2022, https://doi.org/10.1016/j.matpr.2022.06.573.
Tatuhe, G., Lukhfi, M., Magalape, E., Mundung, S., & Supit, S. (2023). Karakteristik Paving Block Berpori dengan Bahan Dasar Abu Terbang (Fly Ash) dari PLTU 2 Amurang Sulawesi Utara. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 9(1), 228 - 235.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.