PELATIHAN SELF-REGULATED LEARNING BAGI MAHASISWA BAHASA INGGRIS CALON PESERTA PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR

Authors

  • Novita Triana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Cayandrawati Sutiono Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Elvina Arapah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i3.1702

Keywords:

Program Asistensi Mengajar, Self-Regulated Learning, EFL

Abstract

Program Asistensi Mengajar memberi mahasiswa kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam konteks dunia nyata. Meskipun memiliki banyak manfaat, program ini memberikan tantangan unik bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lambung Mangkurat. Konsekuensinya, mahasiswa harus mengoptimalkan kemampuannya dalam mengatur diri dalam proses pembelajaran. Menyikapi hal tersebut, Tim PDWA Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengadakan pelatihan Self-Regulated Learning (SRL) yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang konsep SRL dan penerapannya dalam proses pembelajaran mahasiswa. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan SRL pada tingkat menengah karena mereka dikategorikan sebagai pembelajar berpengalaman. Namun potensi tersebut belum sepenuhnya optimal karena masih banyak mahasiswa yang belum mengenal konsep SRL. Meskipun pelatihan yang dilakukan meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep dan strategi SRL, mengubahnya menjadi kebiasaan memerlukan bimbingan yang tepat dan berkepanjangan. Selain itu, beragam kegiatan, termasuk konseling akademik, pembentukan komunitas SRL, dan pengembangan aplikasi SRL, disarankan sebagai komponen penting dari proses bimbingan ini. Program Asistensi Mengajar memberi mahasiswa kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam konteks dunia nyata. Meskipun memiliki banyak manfaat, program ini memberikan tantangan unik bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lambung Mangkurat. Konsekuensinya, mahasiswa harus mengoptimalkan kemampuannya dalam mengatur diri dalam proses pembelajaran. Menyikapi hal tersebut, Tim PDWA Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengadakan pelatihan Self-Regulated Learning (SRL) yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang konsep SRL dan penerapannya dalam proses pembelajaran mahasiswa. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan SRL pada tingkat menengah karena mereka dikategorikan sebagai pembelajar berpengalaman. Namun potensi tersebut belum sepenuhnya optimal karena masih banyak mahasiswa yang belum mengenal konsep SRL. Meskipun pelatihan yang dilakukan meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep dan strategi SRL, mengubahnya menjadi kebiasaan memerlukan bimbingan yang tepat dan berkepanjangan. Selain itu, beragam kegiatan, termasuk konseling akademik, pembentukan komunitas SRL, dan pengembangan aplikasi SRL, disarankan sebagai komponen penting dari proses bimbingan ini. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, M. G., & Fithriani, R. (2023). Indonesian EFL Pre-service Teachers’ Experiences: Revealing English Instructional Challenges during Teaching Practice. REiLA : Journal of Research and Innovation in Language, 5(1), 32–47. https://doi.org/10.31849/reila.v5i1.13228

Agustiani, H., Cahyad, S., & Musa, M. (2016). Self-efficacy and Self-Regulated Learning as Predictors of Students Academic Performance. The Open Psychology Journal, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.2174/1874350101609010001

Ananda & Susanto. (2023). Anandha 3225-9350-2-PB. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 8(1), 151–158. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/023225jpgi0005

Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865

Caires, S., Almeida, L., & Vieira, D. (2012). Becoming a Teacher: Student Teachers’ Experiences and Perceptions About Teaching Practice. European Journal of Teacher Education, 35(2), 163–178. https://doi.org/10.1080/02619768.2011.643395

Guo, Y., Xu, J., & Liu, X. (2018). English Language Learners’ Use of Self-Regulatory Strategies for Foreign Language Anxiety in China. System, 76, 49–61. https://doi.org/10.1016/j.system.2018.05.001

Ismail, & Busa, Y. (2023). Melangkah Bersama Untuk Pendidikan Berkualitas Melalui Implementasi Program Kampus Mengajar 5. Maspul Journal of Community Empowerment, 5(1), 40–54. https://doi.org/10.33487/mjce

Kamila, H. (2020). Pre-Service Efl Teachers’ Challenges in Developing Teaching Materials During Teaching Practicum in Southern Thailand. The 2nd Bogor Rnglish Student and Teacher (BEST), 1, 54–60.

Kitsantas, A., Winsler, A., & Huie, F. (2008). Self-Regulation and Ability Predictors of Academic Success During College: A Predictive Validity Study. Journal of Advanced Academics, 20(1), 42–68. https://doi.org/10.4219/jaa-2008-867

Kosnin, A. M. (2007). Self-regulated Learning and Academic Achievement in Malaysian Undergraduates. International Education Journal, 8(1), 221–228.

Lally, P., Van Jaarsveld, C. H. M., Potts, H. W. W., & Wardle, J. (2010). How are Habits Formed: Modelling Habit Formation in the Real World. European Journal of Social Psychology, 40(6), 998–1009. https://doi.org/10.1002/ejsp.674

Olabiyi, O. S. (2022). Assessing the Effectiveness of Teaching Practice Towards Quality Preparation of Preservice Technical Teachers. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 28(2), 168–184. https://doi.org/10.21831/jptk.v28i1.48793

Polim & Hidayat. (2021). Challenges in the Teaching Practicum in Indonesia. 創価大学大学院紀要・第 42 集・2021 年 3 月

Scrivener, J. (2013). CLassroom Management Techniques (First). Cambridge: Cambridge University Press.

Suwanti, V., Suastika, I. K., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program Mbkm Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 814. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8773

Zimmerman, B. J. (2000). Attaining self-regulation: A Social Cognitive Perspective. In M. Boekaerts, P. R. Pintrich, & M. Zeidner (Eds.), Handbook of Self-Regulation, 13–39. Academic Press. https://doi.org/10.1016/B978-012109890-2/50031-7

Zumbrunn, S., Tadlock, J., & Roberts, E. D. (2011). Encourage Self Regulated Learning in the Classroom. http://scholarscompass.vcu.edu/merc_pubshttp://scholarscompass.vcu.edu/merc_pubs/18

Published

2024-08-04

How to Cite

Triana, N., Sutiono, C., & Arapah, E. (2024). PELATIHAN SELF-REGULATED LEARNING BAGI MAHASISWA BAHASA INGGRIS CALON PESERTA PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR. Jurnal Abdi Insani, 11(3), 188–196. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i3.1702

Issue

Section

section editor