UPAYA PENINGKATAN OMSET PENJUALAN UKM KERIPIK TEMPE DESA TEMPURAN KABUPATEN NGAWI MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING

Authors

  • Lukas Susanto Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas PGRI Madiun
  • Indra Puji Astuti Program Studi Manajemen Universitas PGRI Madiun
  • Hani Atun Mumtahana Program Studi Sistem Informasi Universitas PGRI Madiun
  • Wikanso Wikanso Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Madiun
  • Cicilia Novi Primiani Program Studi Farmasi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i2.1613

Keywords:

tempeh chips SMEs, digital marketing, turnover

Abstract

The aim of this community service is to increase the sales volume and turnover of UKM tempeh chips by utilizing digital marketing in Tempuran Village, Paron District, Ngawi Regency. The activity method is carried out in the following stages: 1) Survey/field observation, 2) Socialization/counseling, 3) Training and mentoring, 4) Monitoring and evaluation. The targets of the service activities are 15 UKM’s of tempeh chips. Data collection techniques were carried out using observation, questionnaires and interviews related to sales turnover and marketing production volume of tempeh chips through digital marketing. Data analysis was carried out descriptively. Based on data analysis, sales turnover before training averaged 72.74%. Sales turnover after training averaged 95.47%. The average value of increase in sales turnover is 23%. The training participants were enthusiastic and satisfied with participating in the training activities. The conclusion of the service activity is that the use of digital marketing can increase the sales turnover of tempeh chips in Tempeh Village UKM tempeh chips.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andajani, W., Lisanty, N., Pamujiati, A. D., & Sidhi, E. Y. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Home Industri Tempe Kripik Kelompok Usaha Jajanan Khas Kabupaten Trenggalek. Jurnal Agribis, 7(1), 16-32. https://doi.org/10.36563/agribis.v7i1.288

Anggraeni, P., Sunarti, S., & Mawardi, M. K. (2017). Analisis swot pada umkm keripik tempe amel malang dalam rangka meningkatkan daya saing perusahaan [disertasi doktoral].Malang (ID) : Universitas Brawijaya

Astuti, S. (2012). Isoflavon kedelai dan potensinya sebagai penangkap radikal bebas. Jurnal Teknologi & Industri Hasil Pertanian, 13(2), 126-136. http://dx.doi.org/10.23960/jtihp.v13i2.126%20-%20136

Azis, A., & Setiyawan, A. D. (2018). Peranan Home Industry Genteng Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Pengusaha Kecil Genteng. Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran dan Kesekretariatan, 2(2), 1-4. https://doi.org/10.32486/epicheirisi.v2i2.454

Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science .. Kudus 2021

Dewi, A. M. (2023). Meningkatkan Nilai Jual Tempe Melalui Kripik Tempe. Madaniya, 4(2), 562-566. https://doi.org/10.53696/27214834.429

Fithri, D. L., & Utomo, A. P. (2017). Pemanfaatan Teknologi Cloud Computing Bagi Otomasi Manajemen Umkm Paguyuban Bordir Lestari Di Kabupaten Kudus. Prosiding SNATIF. Kudus, 2017

Fitria, H. A. (2019). analisis dampak usaha mikro kecil dan menengah (umkm) terhadap kesejahteraan masyarakat (studi pada sentra industri kecil roti desa kalimalang kecamatan sukorejo kabupaten ponorogo).[disertasi doktoral]. Ponorogo (ID) : IAIN Ponorogo

Gravitiani, E., Istiqomah, N., Mulyani, N. S., & Mafruhah, I. (2016). Penguatan Pemasaran dengan e_commerce dalam Mendukung Perkembangan Industri Kripik Tempe di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Prosiding Konferensi Nasional PKN dan CSR ke-2. Padang, 27-28 Oktober 2016

Gunawan, H. (2021). Pengaruh Implementasi Digital Marketing Sebagai Alternatif Strategi Pemasaran Usaha Yang Efektif. Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi), 2(2), 27-38. https://doi.org/10.32736/abdimastek.v2i2.1311

Handayani, R. (2017). Analisis Peran Perbankan, Perluasan Pasar dan Quality Kontrol Dalam Upaya Mengembangkan UMKM Berdaya Saing: Studi Kasus UMKM di Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Jurnal Ekonomikawan, 17(2), 174-184. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v17i2.1799

Handayani, S., Ghofur, A., & Fadhillah, D. N. (2020). Pelatihan dan pendampingan dalam pengabdian dan pendampingan pemasaran produk hasil homemade dengan media sosial di desa deketagung kecamatan sugio kabupaten lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 299- 304. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10540

Harti, A. S., Estuningsih, E., & Kusumawati, H. N. (2013). Pemanfaatan bakteri asam laktat dalam proses pembuatan tahu dan tempe untuk peningkatan kadar isoflavon, asam linoleat dan asam linolenat. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada. 4(2), 89-95

Hidayat, Y., & Triharyanto, E. (2016). Peningkatan daya jual aneka produk olahan makanan melalui teknik pengemasan produk. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 19(10). https://doi.org/10.20961/jkb.v19i10.8334

Liana, Y., & Denjayanti, R. N. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi Pada Umkm (Studi Pada Umkm Paguyuban Keripik Tempe Sanan Kota Malang). Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(2), 251-256. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v15i2.760

Mawarno, B. A. S., & Putri, A. S. (2022). Karakteristik Fisikokimia dan Sensoris Snack Bar Tinggi Protein Bebas Gluten dengan Variasi Tepung Beras, Tepung Kedelai dan Tepung Tempe. Nutrition and Public Health, 3(1), 47-54. https://doi.org/10.20961/agrihealth.v3i1.60632

Rahman, T., & Nurdian, Y. (2021). Pendampingan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan pemasaran toko roti di Pabian Sumenep. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 645-650. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4727

Sayow, F., Polii, B. V. J., Tilaar, W., & Augustine, K. D. (2020). Analisis kandungan limbah industri tahu dan tempe rahayu di Kelurahan Uner Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. Agri-Sosioekonomi, 16(2), 245-252. https://doi.org/10.35791/agrsosek.16.2.2020.28758

Setyariningsih, E., & Utami, B. (2022). Pemberdayaan Umkm Dalam Mewujudkan Desa Mandiri Di Desa Segunung Kecamatan Dlanggu Mojokerto. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(4), 39-44. https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i4.258

Setyawan, G., & Huda, S. (2022). Analisis pengaruh produksi kedelai, konsumsi kedelai, pendapatan per kapita, dan kurs terhadap impor kedelai di Indonesia. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 19(2), 215-225. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i2.10949

Sundaygara, C., & Dinnullah, R. N. I. (2021). Peningkatan usaha UMKM kerupuk puli melalui pelatihan dan pendampingan manajemen pengemasan produk. Abdimas Galuh, 3(2), 255-264. http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i2.5491

Utami, R. S., Ginting, H., & Khairil, M. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Perkembangan Umkm (Studi Kasus: Home Industri Kopi Sikarta) Di Desa Sialang Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Widya, 1(1), 30-42. https://doi.org/10.54593/awl.v1i1.40

Veranita, M., Syahidin, Y., & Gunardi, G. (2019). Mengembangkan UKM Melalui Pelatihan Internet Marketing Di Kecamatan Lengkong Kota Bandung. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 1(1), 41-48. https://doi.org/10.31092/kuat.v1i1.461

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1-5. http://dx.doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655

Wibowo, J., & Santoso, R. (2020). Pembuatan digital marketing dan marketing channel untuk UKM PJ Collection. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 82-91. https://doi.org/10.30996/jpm17.v5i01.3253

Yuniarti, R., Rahman, A., & Choiri, M. (2013). Strategi Pemasaran Pada UKM Keripik Tempe Sanan Malang. Jurnal Teknik Industri, 14(2), 174-185. https://doi.org/10.22219/JTIUMM.Vol14.No2.174-185

Published

2024-06-19

How to Cite

Susanto, L., Astuti, I. P., Mumtahana, H. A., Wikanso, W., & Primiani, C. N. (2024). UPAYA PENINGKATAN OMSET PENJUALAN UKM KERIPIK TEMPE DESA TEMPURAN KABUPATEN NGAWI MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING. Jurnal Abdi Insani, 11(2), 1860–1869. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i2.1613

Issue

Section

section editor