PEMANFAATAN RASCH MODEL BAGI GURU SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 JEMBER UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BUTIR SOAL MENGEVALUASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i2.1480Keywords:
Rasch Model, Winstep, Butir Soal, SD Muhammadiyah 1 JemberAbstract
Hasil identifikasi oleh tim pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jember menunjukkan bahwa guru sekolah dasar muhmmadiyah 1 Jember memiliki beberapa masalah. Masalah tersebut diantaranya, pertama, para guru belum memahami cara kerja dari rasch model, kedua para guru belum memiliki keterampilan untuk mengeporasikan rasch model dengan aplikasi winstep. Oleh karena itu Tim Pengabdian akan melakukan, pertama, bimbingan dan penyuluhan mengenai rasch model, kedua, memberikan simulasi mengenai rasch model memanfaatkan aplikasi winstep. Tujuan pelaksanaan pengabdian ini adalah pertama meningkatkan pengetahuan guru mengenai cara kerja rasch model. Tujuan kedua adalah agar guru memiliki keterampilan menganalisa rasch model memanfaatkan aplikasi winstep. Metode pelaksanan kegiatan ini terdiri dari beberapa tahapan yakni koordinasi, bimbingan dan penyuluhan serta simulasi. Menentukan keberhasilan kegiatan ini dilakukan dengan cara melakukan evaluasi keberhasilan program dengan cara memberikan pretest dan posttest. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa kegiatan ini bernilai positif karena telah mampu meningkatkan kemampuan Guru Sekolah Muhammadiyah 1 (Mudisa) Jember. Setelah dilaksanakan kegiatan kemampuan Guru Sekolah Muhammadiyah 1 (Mudisa) Jember sebesar 81,67 poin. Hasil ini mengindikasikan bahwa kemampuan Guru Sekolah Muhammadiyah 1 (Mudisa) Jember berada pada kategori sangat baik setelah dilakukan pengabdian. Kegiatan pengabdian ini telah mampu meningkatkan kemampuan Guru Sekolah Muhammadiyah 1 (Mudisa) Jember sebesar 51,67 poin. Hal ini mengidikasikan bahwa kemampuan Guru Sekolah Muhammadiyah 1 (Mudisa) Jember telah meningkat secara signikan. Pengabdian yang dilakukan oleh tim pelaksana dari Universitas Muhammadiyah Jember ini telah berhasil meningkatkan kemampuan dan keterampilah guru menerapkan rasch model.
Downloads
References
Abidin, A., Yanuar, S. F., Mufarida, N. A., & Gunasti, A. (2023). Inovasi Sistem Otomasi Vacuum Frying Pada Alat Penggoreng Keripik Ikan Kunir. J-ABDIMASTEK, 2(2), 94–102.
Anggraeni, L. (2016). Peningkatan Kompetensi Guru Menyusun Butir Soal Bermutu Melalui Program Workshop. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), 1(2), 1–9.
Fitrianawati, M. (2015). Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 5(3), 282–295.
Fujitari, E. R., & Shaleh, A. R. (2018). Uji Validitas Konstruk Alat Ukur Persepsi Hubungan Orangtua-Anak Terhadap Perilaku Seksual Pada Mahasiswa. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 6(1), 53–62. https://doi.org/10.15408/jp3i.v6i1.8152
Gunasti, A., Muhtar, Hamduwibawa, R. B., Manggala, A. S., Umarie, I., Mufarida, N. A., Sanosra, A., Satoto, E. B., Rahmawati, E. I. (2023). Peningkatan Keahlian Tukang Menerapkan Teknologi Ferosemen Dan Tulangan Beton Dari Bambu. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 07(02), 871–879.
Gunasti, A., Ma’ruf, A., Rizki, A., Juniar, D., Fitrianti, D., Ani, F., Agustin, M., Reeza, M., Aditya, R., Mardiatul, S., & Afifah, Z. (2022). Pendampingan Pengelolaan Website Sebagai Media Informasi Di Desa Ambulu Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2012. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10942
Gunasti, A., Muhtar, & Sanosra, A. (2023). Pelatihan Me-Retrofit Rumah Sederhana dengan Teknologi Ferosemen Bagi Tukang Bangunan di Kabupaten Jember. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1902–1912. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1065
Gunasti, A., & Sanosra, A. (2020). Added Value Sampah Organik Dengan Teknologi Komposter Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Gayo Jember-Bondowoso. Pambudi, 4(01), 17–23. https://doi.org/10.33503/pambudi.v4i01.833
Gunasti, A., Sanosra, A., Mufarida, N. A., & Satoto, E. B. (2023). Pemanfaatan Rasch Model Untuk Mengukur Kemampuan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1544–1557.
Gunasti, A., Sanosra, A., & Rahmawati, E. I. (2024). Efektifitas Metode Job Instruction Training dan Visual Presentations Dalam Pelatihan Tukang Bangunan Menerapkan Teknologi Ferosemen. Sustainable Civil Building Management And Engineering, 1(1), 8–20.
Gunasti, A., Sanosra, A., Umarie, I., Rizal, N. S., & Muhtar. (2022). Pendampingan Pengelolaan Kotoran Hewan Menjadi Pupuk Organik Dan Biogas di Pimpinan Ranting Muhammadiyah Panti. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1141–1148. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/8812
Hariyanto, S. W. H. (2022). Buku Ajar Metode Penelitian Bisnis (Kuantitatif dan Kualitatif). Sidoarjo: UMSIDA PRESS.
Hayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(2), 22.
Mufarida, N. A., Ariyani, S., Yanuar, S. F., & Gunasti, A. (2023). Inovasi Penerapan Teknologi Tepat Guna Pengolahan Susu Kedelai Sebagai Alternatif Pengganti Asi Pada Ibu Post Partum. J-ABDIMASTEK, 2(2), 76–84.
Muhtar, Gunasti, A., & Sanosra, A. (2022). PKM Kelompok Kreatif Tukang Bangunan Desa Sukogidri Dengan Keterampilan Membuat Tulangan Beton Dari Bambu. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 1000–1011.
Muhtar, Gunasti, A., Manggala, Sanosra, A., & Putra, N. A. F. (2020). Jembatan Pracetak Beton Bertulang Bambu Untuk Meningkatkan Roda Perekonomian Masyarakat Desa Sukogidri Ledokombo Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 6(1), 161–170.
Muhtar, M., Hanafi, H., Umarie, I., & Gunasti, A. (2023). PKM Tukang Bangunan Desa Sukogidri Melalui Teknik Penulangan Struktur Rangka Beton Bertulang Bambu. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1900. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.17157
Muntazhimah, M., Putri, S., & Khusna, H. (2020). Rasch Model untuk Memvalidasi Instrumen Resiliensi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 65. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8144
Nasution, R. (2016). Proceeding Biology Education Conference. Analisis Kemampuan Literasi Lingkungan Siswa SMA Kelas X di Samboja Dalam Pembelajaran Biologi, 13(1), 352–358.
Ningsih, H. T. K., & Rahayu, S. (2016). Pengaruh Kemanfaatan NPWP, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Medan Kota. Seminar Nasional Dan The 3rd Call for Syariah Paper, 2(2009), 1–15. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/7307/47 - Heny Triastuti Kurnia Ningsih.pdf?sequence=1%0Ahttps://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7307/47 - Heny Triastuti Kurnia Ningsih.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Nisa, N. C., Nadiroh, N., & Siswono, E. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 19(02), 1–14. https://doi.org/10.21009/plpb.192.01
Nurbudiyani, I. (2013). Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Pada Matapelajaran Ips Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal, 13(1), 88–93.
Pratama, A., Setiawan, O. D., & Mufarida, N. A. (2023). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Kelompok Pengajian ‘ Aisyiyah Melalui Pelatihan Kewirausahaan Mandiri Pembuatan Kerupuk Dari Limbah Ampas Kedelai. J-ABDIMASTEK, 2(2), 85–93.
Pratama, D. (2020). Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Melalui Pendekatan Item Response Theory (IRT) Model Rasch. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 61–70. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1187
Risdianto, E., Yanto, M., Kristiawan, M., & Gunawan, G. (2020). Respon Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap MOOCs berbantuan Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1487–1500. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.907
Sanosra, A., Umarie, I., Satoto, E. B., Rizal, N. S., Ipak, E., Mufarida, N. A., Gunasti, A., & Dusun, K. (2023). Peningkatan Kemampuan Masyarakat Mengolah Sampah Menjadi Pupuk Organik Dengan Teknologi Takakura. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7, 1590–1598.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Tentama, F. (2018). Pengujian Validitas dan Reliabilitas Konstruk pada Organizational Citizenship Behavior. Humanitas, 15(1), 62. https://doi.org/10.26555/humanitas.v15i1.5282
Triana, D., & Oktavianto, W. O. (2013). Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi Di Provinsi Banten. Fondasi : Jurnal Teknik Sipil, 2(2), 182–190. https://doi.org/10.36055/jft.v2i2.1732
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620
Umarie, I., & Gunasti, A. (2009). IbM Anggota PKK Melalui Penerapan Teknologi Budidaya Sayur Secara Vertikultur di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jurnal Pertanian, 1(1), 14–26.
Widodo, P. B. (2006). Reliabilitas dan Validitas KonstrukSkala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1), 1–9.