MEMPERDALAM KHUSYU' DI SETIAP RAKAAT: PELATIHAN GERAKAN DAN BACAAN SHOLAT BAGI SANTRI TPQ NURUL IMAN SUMBAWA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i1.1361Keywords:
Pemahaman Bacaan Sholat, Pendidikan Islam, Praktik SholatAbstract
Sholat memiliki peran penting dalam menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Namun masih banyak ditemui para siswa secara umum dan santri secara khusus belum bisa melakukan peragaan sholat secara benar dan tepat. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menyelenggarakan pelatihan peragaan gerakan dan bacaan sholat bagi santri di TPQ Nurul Iman Sumbawa. Dalam upaya mencapai tujuan ini, kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan secara holistik, mencakup penyampaian materi, sesi praktik, serta proses evaluasi. Partisipan dalam kegiatan ini melibatkan 27 orang santri dari TPQ tersebut. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat pencapaian yang positif dalam pelaksanaan takbir dan Al-Fatihah dengan nilai rata-rata mencapai 100%. Namun, terdapat tingkat pencapaian yang relatif rendah dalam pelaksanaan bacaan Tasyahud dengan nilai rata-rata sebesar 51%. Hasil dari pengabdian ini memberikan gambaran tentang aspek-aspek yang berhasil dan tantangan yang dihadapi dalam praktik sholat di lingkungan TPQ Nurul Iman Sumbawa. Informasi ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pengembangan strategi lebih lanjut guna meningkatkan pemahaman dan pelaksanaan sholat yang konsisten dan tepat sesuai dengan ajaran agama Islam, guna manfaat bersama bagi masyarakat setempat.
Downloads
References
Abdurahman, D. (2015). Sosiologi Kaum Sufi: Sebuah Model Studi Integratif-interkonektif. Sosiologi Reflektif, 9(2), 175–189. http://202.0.92.5/isoshum/sosiologireflektif/article/view/531
Ahmad, V. I., & Suyuthi, A. (2020). Sholat Sebagai Sarana Pelatihan Mindfulness: Jawaban Untuk Tantangan Pendidikan Islam Menghadapi Theage Of Complexity. Akademika, 13(01). https://doi.org/10.30736/adk.v13i01.141
Alfianita, R., Adityo, R. D., Meliana, E., Nisaa, I. H., Masrizal, M., & Al Arifin, Z. S. (2023). Penguatan Hafalan Juz Amma Menggunakan Metode Make A Match Di Taman Belajar Bidayatul Hidayah. Al-Ihsan: Journal of Community Development in Islamic Studies, 2(1), 1–13.
https://doi.org/10.33558/alihsan.v2i1.7043
Alifatul, K., & Fitriani. (2022). Edukasi Ibadah Amaliyah Untuk Meningkatkan Pemahaman Sholat Pada Anak TPQ Nurul Islam Di Dusun Besowo Timur Desa Besowo Kepung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa (JPMD), 3(2), 95–113. https://doi.org/10.58401/jpmd.v3i2.749
Asdiqoh, S., & Zaman, B. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Madrasah Aliyah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 92–102.
https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3510
Harlaeni, Nurhasanah, & Hasmiati. (2022). Pembinaan Dan Peningkatan Praktek Bacaan Shalat. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 19–23
https://doi.org/10.47435/pendimas.v1i2.1011
Jannah, I. K., & Rozi, F. (2021). Revitalisasi Pemberdayaan Budaya Karakter Nuansa Religiustik Dalam Membentuk Perilaku Pekerti Santri. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 17–34. https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.334
Mohd, A., M. M., Ferdaus, F. M., & Ishak, H. (2022). Spiritual Strengthening Of Man Through Prayer Of Worship. Afkar, 24(1), 381–408. https://doi.org/10.22452/afkar.vol24no1.11
Mohd, A. M. S. (2023). Demands For Prayer In The Book Of Tok Pulau Manis’ Hikam Lectures. Russian Law Journal, 11(4). https://doi.org/10.52783/rlj.v11i4s.804
Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa pada Bulan Suci Ramadhan di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. FONDATIA, 6(2), 206–222. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i2.1791
Nurhuda, A., Ansori, I. H., & Ab Rahman, T. E. S. B. E. (2023). The Urgency Of Prayer In Life Based On The Al-Qur’an Perspective. Lisan Al-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 17(1), 52–61. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v17i1.52-61
Rasyid, H. A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Aliyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1). https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9904
Sugandi, A., Tanjung, H. B., & Rusli, R. K. (2017). Peran Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Tadbir muwahhid, 1(2), 99.
https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.950
Sutangga, J., Kadri, K., & Fahri, M. (2023). Strategi komunikasi politik elit NU Pada pilkada Lombok Tengah 2020 (Studi atas keterlibatan elit NU dalam tim pemenangan paslon Maiq Meres). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4771
Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097