MEMPERDALAM KHUSYU' DI SETIAP RAKAAT: PELATIHAN GERAKAN DAN BACAAN SHOLAT BAGI SANTRI TPQ NURUL IMAN SUMBAWA

Authors

  • David Hermansyah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Husnul Yaqin Prodi Peternakan Universitas Gadjah Mada
  • Annisa Prodi Matematika Universitas Mataram
  • Ega Ade Kamula Prodi Biologi Universitas Mataram
  • Reza Harimansyah Prodi Peternakan Universitas Mataram
  • Syaharuddin Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i1.1361

Keywords:

Pemahaman Bacaan Sholat, Pendidikan Islam, Praktik Sholat

Abstract

Sholat memiliki peran penting dalam menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Namun masih banyak ditemui para siswa secara umum dan santri secara khusus belum bisa melakukan peragaan sholat secara benar dan tepat. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menyelenggarakan pelatihan peragaan gerakan dan bacaan sholat bagi santri di TPQ Nurul Iman Sumbawa. Dalam upaya mencapai tujuan ini, kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan secara holistik, mencakup penyampaian materi, sesi praktik, serta proses evaluasi. Partisipan dalam kegiatan ini melibatkan 27 orang santri dari TPQ tersebut. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat pencapaian yang positif dalam pelaksanaan takbir dan Al-Fatihah dengan nilai rata-rata mencapai 100%. Namun, terdapat tingkat pencapaian yang relatif rendah dalam pelaksanaan bacaan Tasyahud dengan nilai rata-rata sebesar 51%. Hasil dari pengabdian ini memberikan gambaran tentang aspek-aspek yang berhasil dan tantangan yang dihadapi dalam praktik sholat di lingkungan TPQ Nurul Iman Sumbawa. Informasi ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pengembangan strategi lebih lanjut guna meningkatkan pemahaman dan pelaksanaan sholat yang konsisten dan tepat sesuai dengan ajaran agama Islam, guna manfaat bersama bagi masyarakat setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, D. (2015). Sosiologi Kaum Sufi: Sebuah Model Studi Integratif-interkonektif. Sosiologi Reflektif, 9(2), 175–189. http://202.0.92.5/isoshum/sosiologireflektif/article/view/531

Ahmad, V. I., & Suyuthi, A. (2020). Sholat Sebagai Sarana Pelatihan Mindfulness: Jawaban Untuk Tantangan Pendidikan Islam Menghadapi Theage Of Complexity. Akademika, 13(01). https://doi.org/10.30736/adk.v13i01.141

Alfianita, R., Adityo, R. D., Meliana, E., Nisaa, I. H., Masrizal, M., & Al Arifin, Z. S. (2023). Penguatan Hafalan Juz Amma Menggunakan Metode Make A Match Di Taman Belajar Bidayatul Hidayah. Al-Ihsan: Journal of Community Development in Islamic Studies, 2(1), 1–13.

https://doi.org/10.33558/alihsan.v2i1.7043

Alifatul, K., & Fitriani. (2022). Edukasi Ibadah Amaliyah Untuk Meningkatkan Pemahaman Sholat Pada Anak TPQ Nurul Islam Di Dusun Besowo Timur Desa Besowo Kepung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa (JPMD), 3(2), 95–113. https://doi.org/10.58401/jpmd.v3i2.749

Asdiqoh, S., & Zaman, B. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Madrasah Aliyah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 92–102.

https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3510

Harlaeni, Nurhasanah, & Hasmiati. (2022). Pembinaan Dan Peningkatan Praktek Bacaan Shalat. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 19–23

https://doi.org/10.47435/pendimas.v1i2.1011

Jannah, I. K., & Rozi, F. (2021). Revitalisasi Pemberdayaan Budaya Karakter Nuansa Religiustik Dalam Membentuk Perilaku Pekerti Santri. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 17–34. https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.334

Mohd, A., M. M., Ferdaus, F. M., & Ishak, H. (2022). Spiritual Strengthening Of Man Through Prayer Of Worship. Afkar, 24(1), 381–408. https://doi.org/10.22452/afkar.vol24no1.11

Mohd, A. M. S. (2023). Demands For Prayer In The Book Of Tok Pulau Manis’ Hikam Lectures. Russian Law Journal, 11(4). https://doi.org/10.52783/rlj.v11i4s.804

Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa pada Bulan Suci Ramadhan di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. FONDATIA, 6(2), 206–222. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i2.1791

Nurhuda, A., Ansori, I. H., & Ab Rahman, T. E. S. B. E. (2023). The Urgency Of Prayer In Life Based On The Al-Qur’an Perspective. Lisan Al-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 17(1), 52–61. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v17i1.52-61

Rasyid, H. A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Aliyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1). https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9904

Sugandi, A., Tanjung, H. B., & Rusli, R. K. (2017). Peran Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Tadbir muwahhid, 1(2), 99.

https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.950

Sutangga, J., Kadri, K., & Fahri, M. (2023). Strategi komunikasi politik elit NU Pada pilkada Lombok Tengah 2020 (Studi atas keterlibatan elit NU dalam tim pemenangan paslon Maiq Meres). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4771

Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097

Published

2024-03-30

How to Cite

Hermansyah, D., Yaqin, H., Annisa, Kamula, E. A. ., Harimansyah, R., & Syaharuddin. (2024). MEMPERDALAM KHUSYU’ DI SETIAP RAKAAT: PELATIHAN GERAKAN DAN BACAAN SHOLAT BAGI SANTRI TPQ NURUL IMAN SUMBAWA. Jurnal Abdi Insani, 11(1), 840–846. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i1.1361

Issue

Section

section editor