STRATEGI PENINGKATAN PLACE BRANDING POKDARWIS KAMPOENG HERITAGE KAJOETANGAN MELALUI PELATIHAN PEMASARAN SECARA VIRTUAL

Penulis

  • Zahro Zainal Abidin Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya
  • Sri Mangesti Rahayu Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya
  • Maria Goretti Wi Endang Nirowati Pamungkas Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya
  • Rachma Bhakti Utami Program Studi Administrasi BisnisUniversitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.459

Kata Kunci:

Kampoeng Heritage Kejoetangan, Pemasaran Virtual, Place Branding

Abstrak

Kampoeng Heritage Kajoetangan merupakan salah satu lokasi potensial bagi perkembangan wisata di Kota Malang, khususnya wisata budaya. Lokasi ini memiliki warisan dan peninggalan sejarah yang akan menarik kunjungan wisatawan. Selain basis pariwisata, lokasi ini juga memiliki potensi dari industri ekonomi kreatif. Pemerintah Kota Malang sendiri telah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk mengembangkan wisata dan ekonomi kreatif wilayah ini. Sayangnya, hingga saat ini belum ada strategi pemasaran yang efektif untuk mengembangkan Kampoeng Heritage Kajoetangan. Masyarakat di daerah ini belum fasih melakukan pemasaran secara virtual atau melalui media online. Untuk itu, tim pengabdian dari Universitas Brawijaya melakukan pelatihan pemasaran secara virtual. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bagi pengurus Pokdarwis Kampoeng Heritage Kajoetangan terkait teknis pemasaran secara online dan melalui website. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui media daring, memberikan penjelasan tentang pentingnya pemasaran secara online di era pandemi saat ini melalui ceramah, diskusi dan pelatihan. Melalui pelatihan ini peserta pengabdian kepada masyarakat menjadi memiliki pengetahuan terkait pentingnya pemasaran secara online. Selain itu, peserta menjadi mengerti website online untuk menjual dan mempromosikan produk yang dimiliki.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Z. Z., Endang, M. G. W., Dwiatmanto, D., Hidayat, R. R., & Utami, R. B. (2021). Pelatihan Akuntansi bagi Komunitas Usaha Ekonomi Kreatif Kayoetangan Heritage Kota Malang: Optimalisasi Media Daring. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(2), 230–240. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i2.5161

Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran. In UNPAM PRESS: Tangerang (Issue 1). Unpam Press.

Khakim, M. N. L., Putri, M. U. U., Suktianto, W., & Budi, N. A. (2019). Urgensi Pengelolaan Pariwisata Kampung Heritage Kajoetangan Malang. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.17977/um022v4i12019p015

Lestari, F. (2018). Meningkatkan Citra Kabupaten Garut Melalui Place Branding Serta Dampaknya. Seminar Nasional Pakar Ke 1 Tahun 2018 Buku 2, 35–41.

Mantiri, M. (2018). Analisis City Branding Kota Bitung Dalam menarik Investor dan Wisatawan. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 43–62.

Mulyadi, L., Fathony, B., & Prikasari, E. (2019). Monograf-Potensi Kampung Heritage Kayutangan Sebagai Destinasi Wisata di Kota Malang. Deazha, 53(9), 1689–1699.

Prasetyo, A. R., Rahmawati, N., Sayono, J., Rupa, S., Pembelajaran, T., & Sejarah, P. (2021). D . I . Y Photowood Bertema Heritage Sebagai Penguatan Desain Interface Rumah Tinggal Bergaya Kolonial. Abdine: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 63–71.

Rahmawati, M., Purnomo, A., & Idris, I. (2021). Kapabilitas Masyarakat dalam Mengelola Kampoeng Heritage Kajoetangan Kota Malang. Media Komunikasi Geografi, 22(1), 01. https://doi.org/10.23887/mkg.v22i1.30254

Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122–127.

Sucipta, I. N., Suriasih, K., & Kenacana, P. K. D. (2017). Pengemasan Pangan Kajian Pengemasan yang Aman, Nyaman, Efektif dan Efisien. In Udayana University Press.

Suhartono, S. (2013). Desentralisasi Pengelolaan Sumber Daya Alam Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat. DIH: Jurnal Ilmu Hukum, 9(18). https://doi.org/10.30996/dih.v9i18.278

Todar, M. P., Tumbel, A., & Jorie, R. J. (2020). Pengaruh Persepsi Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Galon Merek AQUA. Jurnal EMBA, 8(3), 134–143.

Widiansyah, A. (2017). Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi. Cakrawala, 17(2), 207–215. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/2612

Wulandari, T. (2013). Analisis Place Branding untuk Meningkatkan Citra Kabupaten Purwakarta serta Implikasinya terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Pariwisata (Survei terhadap Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kabupaten Purwakarta). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.17509/jimb.v4i2.1008

Yuliasanti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran (Issue April, p. 79). Deepublish

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-20

Cara Mengutip

Abidin, Z. Z., Rahayu, S. M. ., Pamungkas, M. G. W. E. N. ., & Utami, R. B. . (2022). STRATEGI PENINGKATAN PLACE BRANDING POKDARWIS KAMPOENG HERITAGE KAJOETANGAN MELALUI PELATIHAN PEMASARAN SECARA VIRTUAL. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 627–639. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.459

Terbitan

Bagian

section editor