TES YODIUM KELUARGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG GARAM BERYODIUM DAN GANGGUAN AKIBAT KEKURANGAN YODIUM (GAKY)

  • Dedy Suhendra Program Studi Kimia FMIPA Universitas Mataram
  • Murniati Murniati Program Studi Kimia FMIPA Universitas Mataram
  • Erin Ryantin G Ryantin G Program Studi Kimia FMIPA Universitas Mataram
  • Sri Seno H Program Studi Kimia FMIPA Universitas Mataram
  • Lely Kurniawati Program Studi Kimia FMIPA Universitas Mataram
Keywords: Yodium, GAKY, tes yodium

Abstract

Keadaan gizi yang baik merupakan prasyarat utama dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia yang sehat dan berkualitas. Oleh karena itu diperlukan keluarga yang mengenal masalah  gizi  dan  mampu  mengatasi  masalah  gizi  setiap  anggota  keluarga.  Salah  satu masalah  gizi adalah Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) yang dampaknya sangat besar   terhadap   kelangsungan   hidup   dan   kualitas   sumber   daya   manusia.   Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya garam beryodium dan bahaya yang ditimbulkan akibat kekurangan yodium (GAKY), meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tes kandungan yodium pada garam dan memberikan keterampilan   bagi   masyarakat   dalam   memanfaatkan   bahan   alam   untuk   tes   garam beryodium. Kegiatan ini dilaksanakan di kelurahan Karang Pule Kecamatan Sekarbela. Kegiatan pengabdian ini meliputi penyuluhan dengan metode ceramah, FGD (Focus group discussion) dan praktek uji kandungan yodium sederhana. Berdasarkan hasil kegiatan penyuluhan tentang garam beryodium dan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) di Kelurahan Karang Pule Kecamatan Sekarbela dapat disimpulkan bahwa ibu-ibu peserta penyuluhan cukup antusias dan aktif mengikuti kegiatan dan hasil pre tes dan post tes diperoleh bahwa jumlah ibu-ibu dengan pengetahuan baik mengenai garam beryodium meningkat dari 40 % menjadi 80 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-19
How to Cite
Suhendra, D., Murniati, M., Ryantin G, E. R. G., Seno H, S., & Kurniawati, L. (2018). TES YODIUM KELUARGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG GARAM BERYODIUM DAN GANGGUAN AKIBAT KEKURANGAN YODIUM (GAKY). Abdi Insani, 4(1), 22-26. Retrieved from http://abdiinsani.unram.ac.id/index.php/jurnal/article/view/85