UPAYA PENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK RENGGINANG DESA RANCA KALAPA, KABUPATEN TANGERANG MELALUI INOVASI PRODUK BORING’S

Authors

  • Abdul Rachman Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama
  • Muhammad Fajar Ash Shidiqi Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama
  • Sri Tamara Devy Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama
  • Tresya meilina Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama
  • Siti Nur Afifah Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama
  • Widi Astuti Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama
  • Silvi Octavani Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama
  • Sari Wulandari Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama
  • Vanny Nurhanifah Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama
  • Muhammad Rizky Asrof Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama
  • Ninis Meliyana Putri Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama
  • Zahra Syafinatunnisa Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama
  • Siti Nurmila Sari Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama
  • Nila Hikma Karmelia Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Cendekia Abditama

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.708

Keywords:

rengginang, innovation, village, tangerang

Abstract

This activity aims to assist UMK entrepreneurs in Ranca Kalapa Village in increasing the selling value of Rengginang products which are traditional foods so that they can upgrade these products. The role of UMK entrepreneurs is very important in improving the regional economy and the country's economy, so they are obliged to make many innovations and creations for their products in order to be able to compete well in the national and international arena. The method used in this activity is PAR (Participatory Action Research), which is a method that is part of research (Research) involving various stakeholders (relevant parties) in terms of assessing the actions to be carried out so that better changes are formed. Through this method, we innovate Rengginang products, in the form of Re-Branding, Re-Packing and Re-Promoting, so that existing products can meet the current market segment. The result of this activity is to produce a new product from rengginang innovation, namely Boring's (Bola Rengginang) served with chocolate wrap which can be a contemporary snack typical of Ranca Kalapa Village.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, K. N. K., & Mahyuni, L. P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 716–724. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.6302

Miftahuddin, M., Syahrial, H., & Sunaryo, S. (2020). Pembinaan Usaha Rumah Tangga Di Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 215–220. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i4.20592

Perkembangan Kredit UMKM. (t.t.). Diambil 14 Agustus 2022, dari https://www.bi.go.id/id/umkm/kredit/default.aspx

Perumahan di Tangerang—CitraRaya (Official Website). (t.t.). Diambil 14 Agustus 2022, dari https://citraraya.com/

Primadewi, A., Anwar, T. M., Yustin, Y., Sani, A. H., & Fauzi, M. (2020). Penguatan Pemasaran Produk Umkm Ashfa Madu Borobudur Melalui Strategi Product Branding. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 154–161. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.17683

Putri, M. F., & Agustina, T. (2014). Peningkatan Kualitas Produksi Rengginang Ketan Menggunakan Teknologi Pengering Buatan. 12(1), 6.

Ridwan, H., Hasyim, A. M. T., & Sulistiawati. (2020). Pengembangan Usaha Rumahan Kerupuk Rengginang Sebagai Peluang Dalam Peningkatan Pendapatan Kaum Wanita Di Kelurahan Biringere Kecamatan Sinjai Utara Kab. Sinjai. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1), 22–35. https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v5i1.300

Soedjiwo, N. A. F. (2019). Implementasi Mata Kuliah PAR (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH) di TPQ AL-MAGFIROH Denpasar Bali. Widya Balina, 4(2), 9–19. https://doi.org/10.53958/wb.v4i2.36

Sumarno, S., Gimin, G., Mujiono, M., & Pernantah, P. S. (2021). Pembinaan Diversifikasi Produk Untuk Pengembangan Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(4), 366–373. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i4.27003

Upaya Pemerintah Memajukan UMKM Indonesia | BKPM. (t.t.). Diambil 14 Agustus 2022, dari https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia

Yani, R. (2014). Analisis Pendapatan Pada Usaha Rengginang (Studi Kasus DI UKM Rengginang Sejahtera Di Desa Bonto Cinde Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa). 65.

Yuniarti, E., Dasir, I., Si, M., & Herudiansyah, G. (2020). Rengginang, Produksi Dan Pemasaran. NoerFikri Palembang, 1, 15.

Published

2022-09-20

How to Cite

Rachman, A. ., Ash Shidiqi, M. F. ., Devy, S. T. ., meilina, T., Afifah, S. N. ., Astuti, W. ., Octavani, S. ., Wulandari, S., Nurhanifah, V. ., Asrof, M. R. ., Putri, N. M. ., Syafinatunnisa, Z. ., Sari, S. N. ., & Karmelia, N. H. . (2022). UPAYA PENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK RENGGINANG DESA RANCA KALAPA, KABUPATEN TANGERANG MELALUI INOVASI PRODUK BORING’S. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 1069–1078. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.708

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)