INOVASI INTEGRASI BISNIS BERBASIS GOTONG ROYONG PADA KELOMPOK BUDI DAYA IKAN AIR TAWAR “BANYU PINARUH†KABUPATEN TABANAN
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.554Kata Kunci:
crowdfunding, digital marketing, marketplace, manajerial, websiteAbstrak
Kelompok budi daya ikan air tawar “Banyu Pinaruh†yang terdapat di Desa Rejasa, Penebel, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali salah satu usaha yang terdampak negatif akibat Pandemi COVID-19. Permasalahan yang dihadapi diantaranya terkait aspek manajerial usaha (pembukuan), pengembangan pembinaan kelompok, permodalan, dan aspek teknologi pemasaran/distribusi. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan daya saing mitra dengan upaya mengatasi permasalahan mitra, yang menyangkut aspek manajerial usaha, aspek pengembangan pembinaan kelompok, aspek permodalan, dan aspek teknologi pemasaran/distribusi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan menerapkan teknologi (IT) dalam pengelolaan usaha mitra. Adapun tahap pelaksanaan yang dilakukan yaitu: identifikasi, perancangan sistem, pembuatan sistem, pendampingan operasional sistem, dan implementasi sistem. Aktifitas Pelatihan juga diberikan untuk memberikan pemahaman bagi mitra, serta pendampingan yang bertujuan untuk memastikan mitra mampu mengelola secara mandiri sehingga hasil kegiatan menjadi berkelanjutan. Tim pelaksana kegiatan pengabdian ini melakukan melalui edukasi melalui ceramah mengenai pengelolaan kelompok secara profesional. Tim juga telah menyiapkan aplikasi manajerial (pembukuan) yang dapat digunakan oleh mitra dalam pencatatan keuangan. Selain itu juga disiapkan website Bernama Direcs yang memiliki menu marketplace dan crowdfunding untuk aspek permodalan. Mitra telah diberikan pelatihan serta pendampingan untuk mampu menggunakan aplikasi dan website tersebut secara berkelanjutan. Adanya program pemberdayaan masyarakat ini telah memberikan dampak peningkatan kapasitas usaha bagi mitra, seperti peningkatan jumlah kolam produktif, frekuensi dan jumlah panen, serta omzet dan keuntungan yang diperoleh mitra. Kegiatan dilaksanakan melalui pemberian edukasi, pelatihan, serta pendampingan bagi mitra. Selain ceramah mengenai pengelolaan usaha secara profesional, disiapkan aplikasi manajerial (pembukuan) dan website (marketplace dan crowdfunding) yang selanjutnya digunakan mitra.
Unduhan
Referensi
Agrawal, A., Catalini, C., & Goldfarb, A. (2014). Some simple economics of crowdfunding. Innovation Policy and the Economy, 14(1), 63–97.
Akbar, D. S. F. (2018). Konsep Crowdfunding untuk Pendanaan Infrastruktur di Indonesia. (Https://Www.Kemenkeu.Go.Id/Media/4402/Konsep-Crowdfunding-Untuk-Pendanaan-Infrastruktur-Di-Indonesia.Pdf).
Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136.
Bouncken, R. B., Komorek, M., & Kraus, S. (2015). Crowdfunding: The Current State of Research. International Journal of Economics and Business Research, 14(3), 407–416.
Budhi, I. M. K. S., Lestari, N. P. N. E., Suasih, N. N. R., & Wijaya, P. Y. (2020). Strategies and policies for developing SMEs based on creative economy. Management Science Letters, 10, 2301–2330. https://doi.org/https://doi: 10.5267/j.msl.2020.3.005
Fajrina. (2019). Identifikasi Peran Modal Sosial Dalam Aktivitas Lembaga Crowdfunding (Studi pada Crowdfunding KitaBisa.com). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 7(2).
Irfan, M. (2016). Crowdfunding sebagai pemaknaan energi gotong royong terbarukan. Share: Social Work Journal, 6(1).
Marco, R., & Ningrum, B. T. P. (2017). Analisis Sistem Informasi e-marketplace pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerajinan Bambu Dusun Brajan. Jurnal Ilmiah DASI, 18(2), 48–53.
Marsudi, A. S., & Widjaja, Y. (2019). Industri 4.0 dan Dampaknya Terhadap Financial Technology serta Kesiapan Tenaga Kerja di Indonesia. Ikraith Ekonomika, 2(2), 1–10.
Nasution, D. A. D., Erlina, & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212–222. https://doi.org/DOI: 10.22216/jbe.v5i2.5313
Nugroho, A. Y., Rachmaniyah, F., & Ekonika. (2019). Fenomena Perkembangan Crowdfunding di Indonesia. EKONIKA Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 4(1). https://doi.org/DOI: 10.30737/ekonika.v4i1.254.
Schwartz, A. A. (2013). Rural Crowdfunding. UC Davis Business Law Journal, 13(2), 283–294.
Wijaya, P. Y., Kawiana, I. G. P., Wibawa, I. P. S., Paramita, I. G. A., Karyada, I. P. F., & Swara, N. N. A. A. V. (2022). Leading Sector Analysis and Economic System Linkage of Custom Village in Bali Province, Indonesia (Study on Bali Anyar Custom Village). Scientific Papers Series Management, Economic Engineering in Agriculture and Rural Development, 22(1), 713–722.
Wijaya, P. Y., Kawiana, I. G. P., Wimba, I. G. A., Astrama, I. M., & Hartati, N. P. S. (2022). Penguatan Branding Produk Madu Pada UMKM Madu YBS Melalui Media Website. Jurnal Sewaka Bhakti, 8(1), 17–28. https://doi.org/doi.org/10.32795/jsb.v8i1.2217
Wijaya, P. Y., & Suasih, N. N. R. (2020). Peran Local Celebrity Endorsement Pada Iklan di Media Sosial Terhadap Pembelian Produk Kuliner di Provinsi Bali Pada Masa Stay Home Akibat Pandemi Covid-19. JURNAL BISNIS STRATEGI, 29(2), 119–133. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jbs.29.2.119-133
Wijaya, P. Y., Wibawa, I. P. S., Suasih, N. N. R., & Kawiana, I. G. P. (2021). Perluasan Market Share UMKM DNK Selumbung Melalui Media Website Dan Fasilitasi Legalitas Produk. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 7(2), 88–93. https://doi.org/https://doi.org/10.31940/bp.v7i2.88-93
Yudha, I. M. E. K., Haryanti, N. P. P., Suhartika, I. P., & Suasih, N. N. R. (2022). Penguatan Bisnis UMKM “Madu YBS†Melalui Pendampingan Manajemen Usaha dan Fasilitas Dokumen Legalitas Produk. Jurnal Abdi Insani, 9(1), 114–122.